Melahirkan Tanpa Rasa Sakit Dengan Dzikir

1482 views

Setiap ibu yang mau melahirkan tentu akan merasa khawatir dan was-was karena harus berjuang melawan rasa sakit demi buah hatinya.

Tentu banyak hal yang dilakukan untuk mempersiapkan kelahiran, mulai dari berdoahingga bertanya kepada ibunya atau orang yang lebih tau karena memang sudah berpenglaman.

Biasanya yang ditanyakan adalah tentang detik-detik melahirkan yang sangat mengangkan, dengan bertanya setidaknya ia lebih siap dan mengetahui apa saja ciri-ciri orang melahirkan.

Proses Melahirkan Tanpa Rasa Sakit Dengan Rileksasi Dzikir
Dibawah ini beberapa ciri-ciri orang yang hendak melahirkan yang bisa dikombinasikan dengan rileksasi dzikir yang khusyu’.

Maka dengan izin Allah orang yang henda melahirkan akan merasa tenang, merasa nyaman dan rasa syukur pun akan muncul ketika proses melahirkan.

Inilah beberapa rileksasi yang bisa dilakukan ketika memasuki detik-detika melahirkan.

Loading...

1. Usia 6 Bulan Keatas Akan Sering Kencing Karena Akibat Kontraksi Bayi Menuju “Mapan”
Pada saat inilah seorang ibu hamil hendaknya mengamalkan rileksasai dzikir agar menikmati nyamannya dzikir dan tidak fokus pada rasa sakit yang dirasakan.

2. Usia Kehamilan 9 Bulan Perut Akan Semakin Kenceng Karena Mendekati Pembukaan
Pada usia ini ibu hamil harus sering-sering rileksasi dzikir karena sudah memasuki proses persalinan

3. Detik-detik Pembukaan
Pada saat inilah seorang ibu akan merasakan rasa sakit yang tidka tertahankan terutama bagi yang pertama melahirkan.

Proses inilah yang sering dikeluhkan sehingga seorang ibu harus merileksasikan dirinya agar rasa sakit yang ia rasakan sedikit demi sedkit menghilang.

Alihkan rasa sakit itu dengan rileksasi dzikir, terus ulangi dan sugenstikan kepada diri sendiri serta rileksasikan didaerah pinggul juga jalannya lahiran, agar bayi yang akan keluar dengan mudah, lancara, selamat, lembut dan terasa sangat lega.

4. Pembukaan 1
Biasanya akan terasa sakit diarea pinggang dan perut, biasnaya bidan akan menyarankan untuk berjalan kaki namun ketika terasa sakit dianjurkan untuk beristirahat.

Maka pada saat itu lakukan rileksasi dizkir diarea pinggul agar bayi yang keluar nantinya dengan mudah dan lembut.

5. Bukaan 2,3 hingga 7
Biasa sakit akan sering mucul dan terkadang terjeda, maka lakukan rileksasi dizkir dengan berdiri agar perasaan dan otot-otot lebih rileks dan tidak merasa tegang.

6. Ketika sudah mendekati Kelahiran
Ketika sudah memasuki ruang bidan biasanya ibu yang hendak melahirkan dianjurkan untuk berbaring miring.

Lakukan rileksasai dan berdoa:

Ya Allah Ya Allah, Alhamdulillah sebentar lagi lahir dengan mudah, lancar, selamat, sempurna dan terasa lega

Disarankan seorang ibu yang hendak melahirkan terus berdzikir dengan penuh kehusyu’an dan terus mengucapkan kalimat:

Alhamduillah, ya Allah terimakasih anugerah-Mu yang sebentar lagi anak kami lahir

Selain itu, sering-seringlah mengucapkan kata “Alhamdulillah” secara berulang-ulang, serta berdialog dengan calon bayi juga bisa dilakukan, contohnya: “Adik bantu bunda ya”.

Jika suami yang menemani istrinya yang sedang melahirkan maka sugestikan rileksasi diarea pinggul agar kelahiran anak mudah, nyaman dan lembut.

Teruslah berdizkir karena energi dzikir itu sangat membantu bagi ibu yang hendak melahirkan.

7. Ketika Sudah Memasuki Pembukaan 8,9 dan 10
Ketika sudah memasuki pembukaan 10 maka ibu akan dipandu layaknya seperti BAB atau mengejan.

Pada saat mengejan sebenarnya hanya menunggu kontraksi dari sang bayi saja karena pada dasarnya bayi itu akan keluar dengan sendirinya karena ia memiliki daya dorong.

Sehingga seorang ibu hanya membantu dari luar saja yaitu dengan cara mengejan. Pada saat inilah istri harus selalu berdizkir demi kelancaran bayi yang akan keluar hingga sang bayi benar-benar terlahir ke dunia.

Dengan hal ini bisa disimpulkan bahwa seorang ibu yang hendak melahirkan maka dianjurkan untuk selalu berdzikir kepada allah serta setiap melaksanakan shalat fardhu berdoa:

Ya Allah… mudahkan proses kelahiran putra/puteri kami dan jika ada amal kebaikan yang pernah aku lakukan mohon pahalanya engkau berikan kepadaku dengan melahirkan tanpa rasa sakit

Dan barang siapa yang banyak menyebut nama Allah maka Allah akan mengabulakannya, terlebih lagi jika dibarengi dengan bersedekah maka tentu kita akan melihat balasan kebaikan itu. Karena janji Allah sangat nyata, Seperti firman-Nya:

مَن جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا ۖ وَمَن جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزَىٰ إِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ

“Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizhalimi).” (QS. al-An’am)

هُوَ الَّذِي أَنزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَّعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana;” (QS. al-Fath : 8)

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS. at-Thalaq : 3)

Maka sebagai seorang istri terutama yang hendak melahirkan, maka hrus menjaga lisan, menajga ibadah serta perbanyak bersedekah kepada anak yatim.

Maka dengan demikian Insya Allah proses melahirkan akan dipermudah oleh Allah.

Dengan Rileksasi dizkir serta amal ibadah dan kebaikan yang dilakukan tntu akan memberi kemudahan, memberi ketenangan, memberi keselamatan serta pasrah kepada Allah ketika menjalni proses persalinan.

Kesimpulan:
Melahirkan tanpa rasa sakit itu bukan hal yang mustahil jika kita percaya dengan kuasa Allah dan mengamalkan doa-doa yang tepat, tapi anda harus memahami beberapa hal berikut ini:

  1. Ternyata seorang ibu mampu melahirkan tanpa rasa sakit
  2. Sebenarnya, rasa sakit ketika proses melahirkan terjadi karena merasa tenang dan merasa takut
  3. Proses persalinan tanpa rasa sakit, bisa dikurangi dengan merilekasai dizkir karena rileksasi dzikir bisa menurunkan rasa stress, rasa takut dan rasa tegang
  4. Menerima bahwa anda sudah menjadi seorang ibu
  5. Sebab hal itulah yang membuat seseorang merasa bersyukur serta merasa tenang dan akhirnya akan berimbas pada kemudahan ketika melahirkan
  6. Memperbaiki ibadah kepada allah serta senantiasa berdoa karena inilah bekal keyakinan kita
  7. Bersedekah kepada yatim piatu sebab doanya anak yatim tanpa penghalang

Demikianlah beberapa hal yang bisa dilakukan bagi ibu yang hendak melahirkan, semoga bermanfaat dan proses kelahirannya dilancarkan. [najah-seputarwanita.blogspot.com]

loading...
loading...

Tags: #Melahirkan #Proses Melahirkan