Membaca Al-Kahfi Pada Hari Jum’at, Ini 5 Keistimewaannya

775 views

Membaca Surat Al Kahfi mempunyai keistimewaan bagi orang yang membacanya.

Sosok ulama, Dr. Muhammad Bakar Ismail dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa mengamalkan surat al kahfi adalah amalan yang dianjurkan dikerjakan malam dan hari Jum’at.

Namun bukan hanya  Jumat saja, surat Al Kahfi juga bagus dibaca dan diamalkan pada setiap hari.

Ini 5 manfaat membaca surat Al Kahfi bagi orang yang mengamalkannya;

Pertama, Terhindar dari Fitnah Dajjal
Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan selamat dari fitnah dajjal yang keji.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Loading...

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

Dalam hadits lain dikataan:

حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ حَدَّثَنَا أَبُو هَاشِمٍ عَنْ أَبِي مِجْلَزٍ عَنْ قَيْسِ بْنِ عُبَادٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Telah menceritakan kepada kami [Abu An Nu’man] telah menceritakan kepada kami [Husyaim] telah menceritakan kepada kami [Abu Hasyim] dari [Abu Mijlaz] dari [Qais bin Ubad] dari [Abu Sa’id Al Khudri] ia berkata;

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at maka ia akan diterangi oleh cahaya yang terangnya mencapai jarak antara dirinya dan Baitul ‘Atiq.” (HR Ad Darimi Nomor 3273)

Kedua, Memperoleh Ridho Allah SWT
Mengamalkan surat Al Kahfi bisa dapat cahaya serta melenyapkan hati yang resah.

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Ketiga, Dosa Diampuni
Membaca surat Al Kahfi akan mendapat ampunan dari Allah SWT.

Diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwa Rasullulah SAW bersabda bahwa

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”.

Keempat, Terhindar dari Gangguan Setan
Manfaat membaca Surah Al-khahfi selanjutnya adalah rumah yang ditempati ya akan terhindar dari gangguan setan yagn terkutuk.

Sebuah hadist yang oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

Kelima, Disinari Cahaya Kebaikan
Membaca surat Al Kahfi di hari Jumat atau setiap harinya, selain mendapatkan pahala juga akan mendapatkan cahaya kebaikan. Dan juga akan diberkahi saat hari pembalasan.

Cahaya itu diberikan di hari kiamat. Cahaya yang memancar dari kedua telapak kakinya hingga sampai ke langit.

Tags: #Malam Jum'at #Surah Al-Khahfi