Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Inilah Manfaatnya

273 views

Selain surah Al-Fatihah, ayat kursi adalah ayat yang banyak dihafal oleh umat muslim. Ayat kursi adalah ayat kee 255 dari surah Al-Baqarah, yang mana ayat kursi ini memiiki kedudukan yang sangat agung.

Menurut penjalasan Imam Nawawi dalam Syarh Imam Muslim, ayat tersebut begitu istimewa karena di dalamnya mengandung dasar-dasar nama dan sifat Allah yang sangat Indah.

Nabi Muhammad pun menyetujui bahwa jika ayat kursi tersebut adalah ayat yang paling agung didalam al-Qur’an yang mana sesuai dengan hadist Nabi berikut ini:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَم. قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ. قَالَ قُلْتُ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ. قَالَ فَضَرَبَ فِى صَدْرِى وَقَالَ وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

Nabi Muhammad bersabda, “Wahai Aba Mundzir – Ubay bin Ka’ab – tahukah Engkau mana ayat yang paling agung menurutmu di dalam kitab Allah?” aku ( Aba Mundzir ) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam.” Beliau mengulangi lagi, “Wahai Aba Mundzir, tahukah Engkau mana ayat yang paling agung menurutmu di dalam kitab Allah?” Aku ( Aba Mundzir ) menjawab, “Yaitu Allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum (ayat kursi).” Kemudian beliau menepuk dadaku dan berkata semoga engkau dimudahkan mendapatkan ilmu wahai Aba Mundzir (HR. Muslim)

Ayat kursi sebagai ayat yang paling agung seringkali dibaca pada keadan tertentu. Misalnya dibaca sebelum tidur.

Dibaca sebelum tidur adalah anjuran Nabi yang bermnafaat untuk keselamatan diri. Penelitian Dr Arthur J Alisn dari Britis University memang ada hal yang keluar ketika kita tidur dan mauk kembali setelah bangun.

Loading...

Sedangkan untuk orang yang meninggal hal itu tidak kembali, sesuatu itulah yang disebut roh yang dijelaskan didalam Al-Qur’an.

Sehingga sangat wajar Nabi Muhammad menganjurkan kita sebagai umamtnya untuk senantiasa membaca ayat kursi ketika hendak tidur.

Karena tidur diibaratkan dengan kematian, akan tetapi bedanya hanya pada roh. Kembali atau tidaknya roh tersebut hanya ada pada gengenaman Allah.

Dan barangsiapa yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Allah pun akan menjaganya sebagaimana hadist Nabi dalam Kitab Fadha’il Qur’an :

إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَنْ يَزَالَ مَعَكَ مِنْ اللَّهِ حَافِظٌ وَلَا يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

“Apabila kamu naik tempat tidurmu, bacalah ayat kursi. Selamanya kamu akan disertai penjaga dari Allah dan setan tidak akan mendekat kepadamu” (HR Bukhari).

Allah adalah sebaiknya-bainya penjagaan. Dengan membaca ayat kursi sebelum kita tidur maka kita sudah berusaha agar Allah senantiasa menjaga kita.

Setan pun tidak akan mendekati kita dan tidak akan menganggu ketenangan kita. Maka dari itulah kita harus senantiasa istiqomah dalam mengamalkannya agar tidur kita tetap dalam lindungan-Nya. [bincangsyariah.com]

Tags: #Ayat Kursi #Keutamaan Ayat Kursi #Sebelum Tidur