Mengenal 3 Jenis Konflik Dalam Pernikahan dan Cara Mengatasinya

673 views

Setiap rumah tangga pasti akan diterpa konflik yang berbeda, pasangan suami-istri dituntut bisa memahami masalahnya dengan baik.

Sehingga jika terjadi masalah tidak semakin parah, maka dari itu setiap problem rumah tangga harus ditangai dengan tepat.

Lalu bagaimana cara mengenali tipe-tipe masalah di dalam rumah tangga dan cara menanganinya? Berikut ini penjelasan psikolog Pingkan Rumondor:

1. Masalah yang Dapat Diselesaikan
Masalah sepele seperti pemabagian tugas rumah atau cara membesarkan anak, itu biasanya sering menjadi konflik padahal bukan masalah yang serius.

2. Masalah Berulang
Masalah ini terjadi karena disebabkan perbedaan karakter antara suami dan istri yang sering dan selalu terjadi. Misal istri suka hal-hal yang rapi, sedangkan suami tidak, atau sebaliknya.

3. Pedapat yang Selalu Berbeda
Sama-sama tidak menemukan solusi karena keduanya selalu memiliki pendapat yang berbeda. Dan yang lebih parah, antara suami dan istri sama-sama egoisnya dan tidak mau mengalah.

Loading...

Memahami Tipe Konflik Bersama Pasangan
Masih menurut Pingkan, harmonis dalam keluarga itu bukan berarti tidak ada masalah, tapi suami-istri harus bisa mengambil pelajaran dari setiap masalah yang telah dihadapinya.

Jika ingin pernikahan harmonis suami-isti juga dituntut untuk bisa mengelola masalah rumah tangga. Karena 69% konflik dalam pernikahan adalah konflik berulang, seperti perbedaan kepribadian antara suami dan istri.

Cara mengelola konflik suami-istri bisa dengan cara membicarakan perbedaan, sebelum meledak jadi amarah. Sekali pun tidak mudah, tapi harus diusahakan. [theasianparent.com]

loading...
loading...

Tags: #Konflik Pernikahan #Masalah Keluarga