Menikah Tapi Tidak Saling Mencintai, Ini Hukumnya Dalam Islam

690 views

Ada beberapa pasangan yang menikah atau terpaksa menikah satu sama lain tidak saling mencintai. Yang melatar belakanginya pun beragam.

Cinta adalah urusan hati yang tak bisa dipaksakan lalu dibingkai dalam rumah tangga. Cinta itu sesuatu yang rumit, dan semakin rumit karena ia sifatnya tak kasat mata dan susah dimengerti.

Terkait istri yang tidak mencintai suami maupun suami yang tidak mencintai istrinya, Rasulullah SAW pernah mengadu kepada Allah prihal cintanya.

Dalam sebuah hadit yang diriwayatkan oleh Sayyidah ‘Aisyah;

عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْسِمُ بَيْنَ نِسَائِهِ، فَيَعْدِلُ، وَيَقُولُ: اللَّهُمَّ هَذِهِ قِسْمَتِي فِيمَا أَمْلِكُ، فَلاَ تَلُمْنِي فِيمَا تَمْلِكُ وَلاَ أَمْلِكُ.

Dari Aisyah Ra, ‘sesungguhnya Nabi Saw menggilir para isterinya dengan adil, dan berkata :“Ya Allah, Inilah batas kemampuan yang kumiliki, maka janganlah kecam aku menyangkut apa yang Engkau miliki tapi tidak kumiliki” (HR. At-Tirmidzi)

Dari hadis diatas, kita bisa mengetahui bahwa seorang Nabi pun memiliki permasalahn dalam urusan cinta.

Loading...

Bahkan beliau sampai mengadu kepada Allah tentang sulitnya berbuat adil dalam hal cinta kepada istri-istrinya.

Tapi jika sudah terlanjur menikah, ini bukan alasan untuk suami atau istri langsung menuntut cerai. Kita dianjurkan untuk berusaha saling membuka hati satu sama lain. Dan teruslah berdoa.

Jika sudah berusaha namun tetap tidak bisa mencintai suami/istri dengan sepenuh hati, maka tetaplah berusaha dan berprasangka baik atas ketentuan Allah SWT dan jalinlah komunikasi dengan baik sama pasangan.

Kita tidak tahu masa depan seperti ini, maka teruslah berusaha dan berdoa kepada Allah.

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ فَإِن كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَن تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

“… dan bergaullah dengan mereka menurut cara yang patut. Jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya”. (QS. An-Nisa’ [4]: 19. [bincangmuslimah.com]

Tags: #Hukum Tidak Saling Cinta #Sudah Menikah