Menjelang Shalat Idul Fitri, Ini 7 Amalan yang Biasa Dikerjakan Nabi SAW

Hari raya Idul Fitri merupaka momen indah bagi umat islam. Dalam momen ini jangan lupa untuk tetap melakukan sunnah Rasulullah sebelum melaksanakan shalat Id.

Syekh Wahbah al-Zuhaili dalam kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh menjelaskan tentang sunnah sebelum shalat Idul Fitri:

Banyak BerIbadah pada Malam Idul Fitri
Sejak Maghrib terakhir bulan Ramadhan, mulai itulah dianjutkan banyak melakukan ibadah.
Sebagaimana diriwayatkan sahabat Abu Umamah berikut ini:

من قام ليلتي العيد، محتسباً لله تعالى، لم يمت قلبه يوم تموت القلوب

Barangsiapa yang beribadah pada Idul Fitri dan Idul Adha semata-mata mengharap ridha Allah, maka hatinya itu tak akan mati di mana hati-hati orang lain mati (HR Ibnu Majah).

Menurut Syekh Wahbah, doa pada malam Id itu mustajab. Oleh karena itu, disunahkan banyak-banyak memohon ampun pada Allah seperti pada malam Jumat, awal Rajab, atau Nishfu Sya’ban.

Dandan (Mandi, memakai parfum, pakaian rapih)
Kebersihan tremasuk sebagian dari iman. Jika hendak beribadah, ngaji, solat atau ingin ke masjid untuk solat Id disunnahkan Mandi, Pakai wangi-wangian dan berpakaian rapi.

Loading...

Hal ini dianjurkan oleh Rasulullah Serta dan dilakukan oleh para sahabat Nabi. Diriwayatkan dari sahabat Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw. itu mandi saat Idul Fitri dan Idul Adha (HR Ibnu Majah).

Sarapan Sebelum Shalat
Setelah puasa sebulan lamanya berpuasa. Saat hari raya Id teibalah umat islam untuk makan bahkan pada hari raya di haramkan untuk berpuasa. Sebelum berangkat solat Id disunnahkan untuk sarapan atau makan sekedarnya.

Nabi SAW bersabda;

عَنْ أَنَسٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ

Dari Anas bin Malik radliyallahuanhu berkata, “Rasulullah tidak berangkat pada Idul Fithri hingga beliau memakan beberapa kurma. (HR. Bukhari)

Dalam riwayat Ahmad juga menjelaskan;

وَكَانَ أَنَسٌ يَأْكُلُ قَبْلَ أَنْ يَخْرُجَ ثَلَاثًا، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَزْدَادَ أَكَلَ خَمْسًا، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَزْدَادَ أَكَلَ وِتْرًا
Anas bin

Malik memiliki kebiasaan sebelum berangkat, beliau makan 3 biji kurma. Jika nambah, beliau makan 5 biji. Jika nambah, beliau makan dengan bilangan ganjil. (HR. Ahmad).

Bayar Zakat Fitrah Sebelum Shalat Id
Sebelum berangkat sholat Id dianjurkan membayar zakat fitrah karena saat itulah waktu terakhir dan tak boleh membayar setelah solat id.

Banyak Sedekah
Memperbanyak sedekah juga sangat dianjurkan oleh nabi, Sedekah yang utama diberikan untuk keluarga terdekat yang tidak mampu.

Wajah Ceria
Ketika bertemu siapapun kita dianjurkan tersenyum dan wajah berseri-seri. Dan kita juga dianjurkan untuk melakukan silaturahim.

Shalat Sunnah Sebelum Shalat Id
Sebelum shalat Idul Fitri juga dianjurkan melaksanakan shalat sunnah mutlak.

Tags: #Amalan Nabi #Ibadah Nabi #Salat Hari Raya