Menjelang Wafat, Ini 5 Wasiat Nabi Adam AS Pada Penggantinya Nabi Syith

1002 views

Diceritakan oleh Salim Umar Alattas Dalam Kitab Qasas al-Anbiya, disebutkan bahwa setelah Nabi Adam sakit selama 11 hari, akhirnya beliau wafat.

Saat masih sakit, beliau Nabi Adam meberikan wasiat kepada anaknya yaitu nabi Syith agar nabi Syith menggantikannya sebagai pemimpin.

Nabi Adam mengingatkan nabi Syith supaya hati-hati menjaga rahasia penyerahan mandat ini, jangan sampai diketahui oleh saudaranya Qabil, si pendengki.

Inilah 5 Nasihat Nabi Adam kepada Nabi Syith:

Pertama, Janganlah kau tenang-tenang saja hidup di dunia. Dan merasa aman-aman saja. Karena aku tenang hidup di surga yang abadi, tapi aku dikeluarkan dari sana.

Kedua, Jangan kau bertindak atas keinginan istri-istrimu. Aku bertindak atas keinginan istriku (Hawa), pada akhirnya aku memakan buah khuldi pohon terlarang, sehingga aku menyesal.

Loading...

Ketiga, Setiap apa saja yang akan kamu lakukan, renungkan dulu apa akibat yang akan ditimbulkan dari keputusan itu. Jikalau aku merenungkan dulu akibat dari suatu perkara, parti aku tidak kena musibah seperti ini.

Keempat, Saat hatimu khawatir dan takut terhadap sesuatu, maka tinggalkanlah ia. Jangan kau teruskanlah. Sebab saat aku ingin makan buah khuldi itu, sebenarnya hatiku merasa takut, namun akau tak hiraukan itu, dan akhirnya aku benar-benar menyesal.

Kelima, Bermusyawarahlah akan suatu perkara, andai aku mengadakan musyawarah bersama malaikat, pasti aku tidak akan musibah musibah seperti ini.

Tags: #Nabi Pertama #Putra Adam #Wasiat Adam