Menurut Islam, Ini 6 Dosa Suami Pada Istri

600 views

Kehidupan rumah tangga itu di isi oleh dua orang yaitu laki-laki dan perempuan yang sama-sama saling mengisi, saling melengkapi dan menasehati.

Sehingga bisa membangun rumah tangga berjalan bahagia, harmonis bahkan hingga langgeng selamanya.

Dan yang paling penting adalah menggapai rumah tangga yang di ridhoi Allah serta termasuk ke dalam golongan orang yang beriman dan bertaqwa.

Karena banyak rumah tangga yang adem ayem saja, tapi ujung-ujung bercerai juga. Hal-hal seperti ini disebabkan dosa tanpa sadar antara pasangan.

Kali ini kita akan mengulas dosa-dosa suami pada istri yang mungkin jarang disadari:

1. Tidak Mengajari Istri Ilmu Agama
Setiap laki-laki pasti menginginkan istri yang sholeha, akan tetapi tidak semua perempuan bisa menjadi istri solehah.

Loading...

Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang suami untuk mengajari istrinya agar menjadi istri yang sholehah.

Akan sangat berbahaya jika suami yang sudah tahu ilmu agama tapi tidak mau mengajarkan ilmu agama kepada istrinya.

Karena jika istri melakukan perbuatan dosa dan melanggar ajaran Islam karena tidak tahu, maka suami juga ikut berdosa.

2. Selalu Mencari Kesalahan Istri
Di dalam pernikahan itu pasti ada hal yang tidak disuka dari pasangannya. Jika itu dimanfaatkan suami untuk mencari-cari kesalahannya maka dosa hukumnya.

Jika istri berbuat salah, maka suami harus besabar dan tetaplah membimbing istri ke jalan yang baik.

3. Suami Suka Menghukum Istri
Ketika istri melakukan kesalahan lalu suami menghukum istri dengan cara yang dzalim, maka itu berdosa. Allah berfirman:

وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا

“… perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya …” (QS. an-Nisa: 34)

4. Suami Pelit
Suami itu wajib memberi nfakah kepada istri, karena istri berhak mendapatkan nafkah baik lahir maupun batin.

Karena istri sudah taat kepada suami dengan sebaik mungkin, tinggal dirumah, mengatur rumah, dan mengasuh serta mendidik anak-anak.

5. Sumai Bersikap Kasar
Suami harus bersikap baik kepada istrinya, harus bersikap lembut dan jangan kasar. Diantara bentuk sikap lembut seorang suami adalah bergurai, menyuapkan makakanan dan menggil istri dengan sebutan mesra.

“Mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap isteri-isterinya.” (Riwayat Tirmidzi, disahihkan al-Albani).

6. Suami Poligami Karena Nafsu
Islam memang memperbolehkan laki-laki menikah lebih dari dua, akan tetapi jika suami tidak mampu memenuhi kewajiban-kewajiban terhadap istrinya dengan benar, terutama istri pertamanya juga anaknya-anaknya, maka poligami itu berdosa.

وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانكِحُوا مَا طَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَلَّا تَعُولُوا

“Dan jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Tetapi jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja, atau hamba sahaya perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat agar kamu tidak berbuat dzalim.” (QS. an-Nisa: 3)

Itulah beberapa kesalahan suami pada istri yang menyebabkan dosa. Karena suami akan mendapatkan dosa besar jika lalai dalam tugasnya memimpin keluarga. [aleniasenja.com]

Tags: #Dosa Suami #Kesalahan Suami