Menurut Rasulullah SAW Ini 4 Perempuan Teladan Terbaik

91 views

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: حسبُك مِن نساء العالَمين أربعٌ: مريم بنت عمران، وآسية امرأة فرعون، وخديجة بنت خويلد، وفاطمة بنت محمد

Rasulullah SAW bersabda: ”Sebaik-baik wanita di alam semesta ada empat orang. Mereka adalah Maryam binti Imran, Asiyah binti Muzahim istri Firaun, Khadijah, dan Fatimah. (HR Ahmad).

Siti Maryam
Sosok Maryam binti Imran adalah ibunda Nabi Isa. Salah satu kepribadian beliau Allah jelasakan dalam Alquran.

Siti Maryam merupakan wanita yang menjaga kehormatannya dan taat beribadah kepada Allah.

Loading...

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ

“Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.” (QS At-Tahrim [66]:12).

Siti Asiyah
Dan Asiyah, adalah  wanita yang tak gila akan kekuasaan dan kekayaan suaminya, Firaun.

Asiyah justru berdoa:

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

‘Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga; dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari orang yang zalim.” (QS 66:11).

Khadijah RA
Beliau pujaan Rasulullah dan umatnya sepanjang zaman. Siti khadijah rela korbankan  hartanya untuk penyebaran Islam.

Beliau juga menghibur baginda Nabi, ketika Nabi menerima wahyu pertama dalam keadaan terguncang, Khadijah membari semangat kepada Nabi.

Siti Fatimah
Dari rahim Khadijah lahir seorang putri kesayangan Nabi, Fatimah ra, putri yang bersih dari segala debu jahililah.

Fatimah hidup di bawah bimbingan ayahnya, manusia terbaik sepanjang zaman, Muhammad SAW.

Fatimah besar  bukan dengan fasilitas keduniawian, melainkan perjuangan fisabilillah. Fatimah juga membersihkan punggung sang ayah, dari kotoran bangkai hewan yang diletakkan oleh kafir.

Ketika sang ayah mendapat tekanan-tekanan dari kaum Quraisy maka Fatimahlah yang selalu menghibur.

Tags: #Wanita Solehah #Wanita Terbaik