Menurut WHO, Ini 7 Pola Makan Sehat Selama Ramadhan

1285 views

Semua umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Ketika berpuasa tentu kita semua akan menahan diri dari makan juga minum serta tidak akan melakukan hal yang bisa membatalkan puasanya.

Penelitian membenarkan bahwa dengan berpuasa berdampak positif pada kesetahan, namun dengan catatan dilakukan dengan cara yang benar.

Ketika kita melaksanakan puasa selama bulan ramadhan menjadikan pola makan dan jam biologis tubuh berubah.

Sehingga mengakibatkan berat badan naik, tekanan darah dan kadar kolesterol bertambah jika kita tidak mengimbanginya dengan pola hidup sehat.

Merangkum dari situs resmi WHO, berikut ini merupakan pola makan yang sehat selama bulan ramadhan, diantaranya adalah:

1. Mengkonsumsi Air Dalam Jumlah yang Banyak
Kita dianjurkan untuk minum air yang banyak diantara waktu berbuka juga bersahur. Minum sebanyak 10 gelas atau 8 liter agar cairan tubuh yang hilang selama berpuasa terganti.

Loading...

Juga bisa menambah cairan dengan buah-buahan yang kaya air seperti semangka, mentimun dan buah yang mengandung air lainnya.

Hindari minuman kafein, seperti kopi, teh dan soda karena selain bisa menyebabkan dehidrasi juga menyebabkan sering buang air kecil.

2. Mengkonsumsi Kurma
Hendaknya mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Karena kurma mengandung serat dan karbohdirat. Mengkonsumsi sayuran, daging, ikan dan hindari gorengan yang memiliki lemak tinggi.

3. Hindari Makanan yang Mengandung Sirup Gula
Hindari makanan yang manis setelah berbuka puasa. Lebih baik konsumsi buah yang mengadung air seperti melon atau semangka.

4. Ketika Sahur Mengkonsumsi Kabohidarat
Ketika sahur dianjurkan untuk mengkonsumsi yang mengandung karbohidrat misal nasi, roti, susu, keju, telur dan alpukat.

5. Hindari Makanan Berlemak
Jangan mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak, ketika menggoreng jangan menggunakan minyak yang terlalu banyak.

6. Hindari Makanan Asin
Makanan yang mengandung banyak garam hendaknya dihindari, misal sosis, makanan ringan, kerupuk dan saus siap jadi. Juga batasi penggunaan garam.

7. Jangan Makan Terlalu Banyak
Berhenti sebelum kenyang, jangan sampai kalap sehingga membuat malas beribadah bahkan akan menyebabkan mulas dan tidak nyaman. [lifestyle.okezone.com]

loading...
loading...

Tags: #Berbuka Puasa #Makan Sahur #Makanan Bulan Ramadhan