Mertua Ikut Campur Urusan Keluargamu? Hadapi Dengan Cara Ini

683 views

Cara menghadapi mertua yang selalu ikut campur dalam urusan pernikahanmu tak perlu dengan cara kekerasan apalagi dengan cara harus memilih antara orang tua dan pasangan. Masih ada cara yang baik untuk menghadapi mertua yang demikian.

Menurut Dr. Terri Apter, seorang profesor di Universitas Cambridge memaparkan bahwa menciptakan hubungan yang baik dengan mertua adalah tantang terbesar didalam sebuah pernikahan.

Hubungan ada dengan mertua bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk ditentukan oleh hubungan anda dengan suami atau istri anda.

Apter mengatakan bahwa seseorang bisa berkompromi dengan pasangan untuk membangun rumah tangga yang saling menghormati juga kesetaraan.

Akan tetapi Apter juga mengungkapkan harapan menjadi sulit terwujud dikarenakan ada mertua yang berusaha ikut campur didalam hubungannya.

Cara Menghadapi Mertua yang Dibenci
Seringkali mertua menguji menantunya sebagai usaha mertua untuk mengetahui apakah menantunya adalah orang yang terbaik untuk mendapingi anaknya.

Loading...

Bahkan terkadang mertua merasa terancam dengan adanya menantu, ia takut hubungan dengan anaknya berubah dan merasa cemas karena takut tergantikan.

Dr. Apter memaparkan, sebagai istri kita disarakan untuk menyadari akan kecemasan mertua bahwa ia merasa takut tersingkirkan dari kehidupan sang anak.

Hal ini bisa diatas dengan cara meyakinkan sang mertua untuk tidak berubah walau sudah menikah. Anda juga bisa memperlihatkan bahwa anda menghargainya.

“Perlihatkan bahwa anda ingin belajar dari mereka sehingga dengan demikian anda sudah membuatnya merasa bahwa anda bukan ancaman bagi mereka, namun anda adalah sebuah ikatan keluarga yang baru” tambah Dr. Apter.

Cara Menghadapi Mertua yang Selalu Ikut Campur, Dengan Memahami Kecemasannya
Metua anda tidak perlu tahu tentang semua masalah anda dengan suami anda, anda perlu memberi batasan untuk mertua yang terlalu ikut campur tentang rumah tanggamu.

Yang rerpenting jangan sampai membuat mertuamu merasa tersingkirkan namun jangan sampai anda bergantung pada mertua anda setiap ada masalah yang terjadi didalam hubungan rumah tangga anda.

Memang tidak semua orang suak berintraksi dengan mertuanya, namun setidaknya anda mengurangi rasa tegang anda ketika bersama denga mertua anda.

Dan yang paling penting anda harus sadar bahwa mertua anda adalah seseorang yang telah melahirkan suami anda maka cobalah untuk bersikap baik dan dekat kepadanya.

Menurut Dr. Apter kesalahan besar yang sering kita lakukan pada mertua adalah

  • Mengabaikan Keinginan dan Kebutuhan Mertua Sepenuhnya
  • Bertanya Pada Suami Apakah Dia Lebih Memilih Orang Tuanya atau Pasangannya
  • Menguasai Suami Sepenuhnya, Hingga Menjiadan Mertua Terlihat Buruk dan Menjauhkan Mertua Dari Kehidupan Rumah Tangga Anda

Cara Menghadapi Mertua yang Sering Membuat Kesal
Ketika anda terlanjur dibenci oleh mertua anda maka berusahalah untuk memeprbaiki hubungan dengannya.

Tunjukkan apresiasi kepadanya bahwa anda dan suami bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

Ini tipsnya:

  • Jangan mengabaikan semua keinginan dan kebutuhan mertua
  • Jangan pernah meminta suami/istri untuk memilih, antara orangtuanya dengan Anda
  • Ubahlah hubungan persaingan dengan mertua menjadi sebuah kolaborasi antar anggota keluarga

Tentu saja hal ini butuh usaha dan kerja kerasa bagimu serta harus saling berkompromi, namun yakinlah bahwa dengan memiliki hubungan baik dengan mertua akan sangat menguntungkan kepadamu.

Tentu saja semua itu perlu kerja keras dan saling kompromi. Tapi yakinlah bahwa pada akhirnya hubungan baik ini akan menguntungkan bagi Anda.

Demikianlah tips untuk menghadapi mertua yang suka ikut campur dalam hubungan rumah tangga anda. [id.theasianparent.com]

Tags: #Mertua Ikut Campur #Tips Menghadapi Mertua