Meski Sunnah Nabi, Ini 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Kurma

1327 views

Ketika bebuka puasa kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis salah satunya adalah kurma. Akan tetapi semua hal yang berlebihan memiliki dampak buruk bagi kita.

Meskipun kurma memiliki banyak manfaat namun memiliki efek buruk pada tubuh kita. Diantaranya adalah:

1. Gangguan Pencernaan
Kurma mengandung serat yang baik bagi sistem pencernaan, akan tetapi serat alami yang ada didalam kurma juga bisa menyebabkan masalah bagi pencernaan jika terlalu banyak dikonsumsi.

Serat kurma juga bisa merangsang gas didalam tubuh sehingga perut menjadi tidak nyaman. Hal ini bisa menyebabkan diare karena kurma memiliki kandungan gula yang terlalu tinggi sehingga tidak bisa diserap dengan baik.

2. Resiko Diabetes Meningkat
Rasa manis yang ada didalam buah kurma bisa menyebabkan risiko diabetes. Satu butir kurma saja mengandung gula alami yang setara dengan 30 gram gula pasir.

Sehingga kita tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 3 biji bisa berdampak buruk terutama pada penderita diabetes.

Loading...

3. Menyebabkan Gemuk
Kurma mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga bisa meaikkan berat badan. Setiap buah kurma mengandung 2,8 kalori. Jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan berat badan naik secara drastis.

4. Menyebabkan Hiperkalemia
Mengkonsumsi kurma secara berlebihan bisa menyebabkan hiperkalemia yang mana kondisi kadar kalium yang terlalu tinggi dalam darah. [genpi.co]

loading...
loading...

Tags: #Dampak Buruk #Efek Buruk #Kebanyakan #Makan Kurma