Mimpi Digigit Ular, Ini Penjelasan al-Qur’an dan Hadits

1962 views

Mimpi itu adalah bunga tidur, namu tak banyak dari kita yang bermimpi buruk atau bahkan bermimpi digigit ular sehingga kita bertanya-tanya apakah arti dari mimpi tersebut?

Arti dari mimpi digigit ular adalah pertanda bahwa akan segera menikah. Akan tetapi keterangan ini tidak diketahui asal mulanya. Apakah benar artinya demikian?

Menafsirkan sebuah mimpi bukanlah suatu hal yang asing lagi. Menafsirkan mimpu pernah dilakukan oleh semua anak adam, tak terkecuali nabi yusuf pun Adalah Nabi yang terkenal sebagai menerjemah mimpi.

Didalam islam mimpi dijadikan sebagai tolak ukur kejujuran seseorang, semakin ia jujur maka akan semakin benar mimpi dalam tidurnya.

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ أَنْ تَكْذِبَ وَأَصْدَقُهُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُهُمْ حَدِيثًا وَالرُّؤْيَا ثَلاَثٌ فَالرُّؤْيَا الصَّالِحَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ بِهِ الْمَرْءُ نَفْسَهُ فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا النَّاسَ

“Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada 3, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah, mimpi yang buruk yang berasal dari setan dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri, maka apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci hendaklah ia bangun sholat dan tidak menceritakannya kepada orang lain.” (HR. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim)

Loading...

Kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam yang ditulis oleh Muhammad Ibn Sirin (w.110 H) berisi tentang kumpulan mimpi-mimpi dan bagaimana cara memahaminya.

Yang dikatakan oleh bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam yaitu:

  • Mimpi yang Benar Karena Sudah Tidak Mmebutuhkan Penafsiran Karena Sudah Terlihat Jelas Didalam Mimpi
  • Mimpi yang Masih Mmebutuhkan Penafsiran Sebab Mengandung Hikmah Lain Diluar Dari Mimpi yang Dilihat

Dalam Bahasa Arab yang berkaitan dengan bertemu dengan ular adalah “hayyah” bentuk jamaknya adalah hayyaat. Kata “hayyat”.

Kata ”hayyat ” sama hidup hidup yang dalam bahasa Arab juga disebut “hayaah”. Didalam mimpi, simbol ular adalah simbol yang membutuhkan penafsiran namun juga bisa berarti musuh, negara, perempuan atau anak serta kehidupan lainnya.

Mmenurut Ibn Sirin ketika seseorang bermimpi bertemu ular yang sangat besar, akan tetapi ia tidak merasa takut saat menghadapinya, maka akan mendapatkan kekuatan serta kekuasaan.

Ketika seseorang bermimpi memasukkan ular keadalam rumahnya maka arti dari mimpi tersebut adalah akan ada musuk yang ingin berbuat jahat kepadanya.

Namun jika ular yang masuk kedalam rumah tersebut bisa ditangkap maka orang tersebut akan mendapatkan keuntungan dari orang yang ingin berbuat buruk kepadanya.

Hal ini disampaikan oleh Ibn Sirin sesuai dengan firman Allah:

قَالَ خُذْهَا وَلَا تَخَفْ ۖ سَنُعِيدُهَا سِيرَتَهَا الْأُولَىٰ

“Dia (Allah) berfirman, “Peganglah ia dan jangan takut, Kami akan mengembalikannya kepada keadaannya semula,” (QS. Thaha: 21)

Bermimpi ular memikiki makna lain yaitu jelmaan dari anak manusia. Ketika seseorang melihat ular yang berukuran kecil didalam mimpinya yang keluar dari saluran kencingnya ia memiliki makna bahwa yag bermimpi akan mendapatkan seorang anak.

Ketika seorang laki-laki bermimpi memotong ular dengan tiga potongan maka dalam kehidupan yang sesungghnya ia akan menceraikan istrinya sebanyak tiga kai karena ular merupakan simbol perempuan.

Namun jika seorang laki-laki bermimpi membunuh seekor ular maka ia akan menikahi seorang wanita. Hal ini dikisahkan oleh ibnu sirin yang pernah bermimpi melihat ular dan ada seseorang yang menannyakannya.

Fulan: “Aku bermimpi melihat seekor ular yang berlari dan aku mengikutinya, lalu ia masuk ke dalam lubangnya, saat itu aku tengah memegang sekop lalu aku menutup lubang tersebut dengan sekop.”

Ibn Sirin: “Apakah kamu sedang melamar seorang perempuan?”

Fulan: “Iya.”

Ibn Sirin: “Sebentar lagi engkau akan menikahinya dan memeroleh warisan darinya.”

Tidak lama kemudian maka si fulan tersebut menikahi perempuan tersebut, akan tetapi tidak lama kemudian perempuan tersebut meninggal dunia dengan warisan sebanyak 7000 yang ditinggalkan.

Terkadang seseorang berbeda dalammenafsirkan mimpinya, bisa jadi yang ditafsirkan oleh ibnu sirin berbeda dengan oran lain atau para ulama.

Bisa jadi ular yang sama akan tetapi berada pada mimpi orang yang berbeda akan memiliki makna yang berbeda pula, sehingga tidak bisa di digeneralisir sedemikian rupa. Maka tidak tepat jika seluruh prediksi ibnu sirin pasti terjadi sebab yang menentukan hanyalah Allah SWT.

Akan tetapi tafsir mimpi bagi umat ismam memiliki khazanah tersendiri. [islami.co]

Tags: #Arti Mimpi #Mimpi Digigit Ular