Momen Debat Terbuka Namrud Dengan Nabi Ibrahim

114 views

Nabi Ibrahim adalah sosok nabi yang menajdi pandakwah tangguh. Dalam debat terbuka mengenai masalah tauhid Nabi Ibrahim menang berdebar dengan Nabrud yang zalim.

Peristiwa debat itu diabadikan Allah SWT surah Al-Baqarah ayat 258 yang artinya.

“Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan).

Ketika Ibrahim mengatakan: “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan,” orang itu berkata: “Saya dapat menghidupkan dan mematikan”.

Ibrahim berkata: “Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat,” lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.”

Prof Hamka menyebutkan pada permulaan ayat “Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan).”

Loading...

Dalam tafsirnya Buya Hamka menuliskan,“Kisah ini menjadi suatu pengajaran ilmu jiwa yang mendalam dari Alquran, yaitu seorang manusia, oleh karena diberi Allah kekuasaan dan kerajaan, sombong, lupa diri,

lupa segala, merasa awak sangat berkuasa, sebab itu perkataan yang keluarpun tidak ada batasnya lagi, sebab merasa tidak ada juga orang yang berani membantah.

Ketika lbrahim berkata: “Tuhankulah Yang Menghidupkan dan Mematikan.”

Di dengan raja dhalim itu, Nabi Ibrahim memaparkan bahwa Tuhan Allah lah yang mematikan dan menghidupkan semua yang makhluk hidup.

Namun dengan kesombongannya Namrud malah membantah dan mengatakan demikian; “Akulah yang menghidupkan dan mematikan.”  Nyawa dari seluruh rakyat negeriku ini ada dalam tanganku.

Kalau mereka dituduuh bersalah, lalu di hadapkan kepadaku, aku berkuasa memerintahkan supaya dia dibiarkan hidup terus, dan akupun berkuasa pula menjatuhkan keputusan bahwa dia mesti dihukum mati.”

Pada dasarnya Namrud tidak tahu maksud lbrahim dengan menghidupkan dan mematikan.

Tags: #Debat Sengit #Raja Dzalim #Raja Kejam #Raja Sombong