Muslimah, Begini Cara Berpenampilan Cantik Sesuai Syariat Islam

384 views

Perempuan itu identik dengan kencantikan, maka tak heran jika kaum hawa senantiasa tampil cantik bahkan ada yang berusaha dengan berbagai cara agar terlihat cantik.

Banyak para wanita yang rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli kosmetik, skin care dan make up.

Hal ini mungkin bisa membuat perempuan cantik secara fisik, namun bagaimana pandangan dalam Islam mengenai hal ini?

Menurut syariat Islam, cantik itu bukan hanya sekedar masalah fisik namun tentang jiwa dan hati, sebagaimana doa yang selalu Nabi Muhammad ucapkan ketika hendak bercermin.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ ، اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

“Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.”

Di dalam Islam disunnahkan untuk mempercantik diri. Karena Allah SWT sangat menyukai keindahan, akan tetapi harus sesuai dengan tuntunan syariat Islam.

Loading...

Beikut ini adalah cara agar perempuan memeproleh kecantikan yang sekedar fisiknya saja, dan sesuai dengan agama Islam.

1. Rajin Berwudhu’
Wudhu adalah aktivitas yang dilakukan untuk menghilangkan najis dan sebagai penyempurna iabdah kita. Bahkan dengan berwudhu wajah kita akan menjadi cerah.

Sebab ketika kita membasuh muka dengan air wudhu maka noda dan kotoran akan luntur, bahkan dengan berwudhu dosa-dosa kita akan luntur.

Sebagaimana Abu Hurairah mengatakan: “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya umatku dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas berwudhu, maka barangsiapa mampu untuk memanjangkan ghurran hendaklah melakukannya’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Sholat Tahajud
Istiqomah mengamalkan shalat malam seperti tahajjud memang tidak mudah. Karena selain dikerjakan ditengah malam biasanya masih ngantuk dan sedang nyenyak tidur.

Akan tetapi jika kita rajin melaksanakan shalat tahhad maka sangat berpeluang doa kita cepat dikabulkan, juga aura kita akan terpancar dengan indah. Sabda Rasulullah SAW bersabda,

Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

3. Rajin Membaca al-Qur’an
Ketika kita istiqomah membaca Al-Qur,an maka hati dna jiwa kita akan menjadi tenang dan wajah kita seolah-olah berseri-seri dan mendapatkan nur dari Allah SWT.

Dengan istiqomah membaca Al-Qur,an maka insya Allah inner beauty akan terlihat.

4. Tersenyum
Seseorang yang cenderung murung, selalu cemberut, cuek pasti mukanya akan terlihat muram.

Berbeda dengan orang-orang yang mukanya selalu dihiasi dengan snyuman, mereka selalu memberi kesejukan bagi orang yang melihatnya.

Menurut penelitian, senyum bisa membuat seseorang awet muda, bisa memancarkan kecantikan didalam hatinya.

Dengan murah senyum maka kita akan mendapatkan banyak teman, akan disayang orang lain serta akan mudah memperolah sahabat.

Dari Abu Dzar ra, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

5. Jangan Gampang Marah, Sombong dan Iri Hati
Kecantikan perempuan itu bukan hanya yang terlihat dari luar, karena seindah apapun wajah seseorang jika memiliki sifat sombong, iri hati maka kelihatannya akan jelek.

Sifat buruk tersebut akan menjadikan wajah kita menjadi gelap, hur alami yang ada didalam diri kita juga akan hilang.

Selain itu, kita harus menghindari sifat marah-marah, sebagaimana penelitian mengatakan bahwa seseorang yang suka marah akan mengalami penuaan dini. Nabi bersabda:

Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad tersebut. Jika ia buruk, maka buruk pula seluruh jasad itu. Ingatlah, bahwa ia adalah hati.” (HR. Bukhari).

6. Hindari Perbuatan Maksiat
Ketika kita melakukan maksiat maka sama halnya dengan memiliki penyakit hati sehingga membuat wajha kita menjadi gelap dan hitam.

Bagi seseorang yang selalu bebruat dosa dan maksiat maka akan hilang kecantikan didalam dirinya, jiwa dan fisiknya.

Mungkin bisa dipoles dengan make up agar terlihat cantik dan menarik namun tetap saja kecantikannya tidak natural.

Berbeda dengan perempuan yang ahli ibadah, kecantikannya akan tampak natural, wajahnya bercahaya. Maka dari itu kita harus selalu membaca istighfar sesering mungkin sehingga Allah mengampuni dosa-dosa kita.

7. Pkailah Jilbab Syar’ie
Ketahuilah wahai wanita, wanita cantik itu bukanlah wanita yang mengumbar pesannya kepada yang bukan muhrimnya.

Menurut agama Islam, kecantikan wanita harus dilindungi dan hanya boleh dilihat oleh mahramnya yakni suaminya.

Islam mewajibkan wanita menggunakan jilbab syar’i dan mengulurkan dadanya. Dengan menggunakan jilbab, wanita terlihat lebih terhormat dan akan terhindari dari pelecehan.

Perintah menutup aurat ini dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam surat al-Ahzab ayat 59:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. al-Ahzab: 59)

8. Menggunakan Pakaian Rapi dan Tidak Berlebihan
Islam tidak melarang laki-laki atau perempuan untuk menggunakan pakaian yang bagus, bahkan sangat dianjurkan untuk memakai pakaian yang sopan dan indah, tapi tidak boleh berlebihan.

Karena menurut Nabi Muhammad, berlebihan dalam berpenampilan itu bisa menimbulkan tumbuhnya sifat sombong,

“Sesungguhnya Allah indah dan suka keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim)

9. Melakukan Perawatan Tanpa Mengubah Bentuk Diri
Sebagai muslimah boleh merias diri, boleh menggunakan make up. Akan tetapi sebagai muslimah dinajurkan untuk melakukan perawtan diri dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, madu sehingga kesehatan kulitnya terawat.

Hal yang harus diketahui bahwa Islam sangat melarang kita mengubah bentuk wajah dan tubuh kita tanpa alasan yang sangat kuat.

Contoh ingin memiliki hidung mancung sehingga melakukan operasi atau mencukur alis, bertato dan hal-hal lainnya yang bisa mengubah ciptaan Allah SWT.

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ الْأَنْعَامِ وَلَآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ ۚ وَمَن يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِّن دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِينًا

“dan pasti kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, (lalu mereka benar-benar memotongnya), dan akan aku suruh mereka mengubah ciptaan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya).” Barangsiapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh, dia menderita kerugian yang nyata.” (QS. an-Nissa: 119)

10. Puasa Sunnah
Para ilmuwan sudah banyak yang membuktikan bahwa puasa adalah aktivitas yang bisa menyehatkan. Manfaat puasa antara lain:

  • Mencegah resiko obesitas
  • Mengurangi resiko kanker
  • Menyehatkan jantung

Dengan berpuasa insyaAllah muslimah tidak hanya memeperoleh pahala dan kesehatan saja, tapi juga menambah kecantikannya.

11. Menerapkan Pola Makan Sehat
Cara mempercantik diri menurut islam adalah dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Di dalam Islam kita dianjurkan untuk makan makanan yang sehat, makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Kita dianjurkan untuk makan tidak berlebihan, hendaknya kita makan sambil duduk dan menggunakan tangan kanan, mengucapkan basmalah dan mengkonsumsi makanan yang halal.

Begitu banyak makanan yang halal yang bisa dikonsumsi untuk mempercantik diri, dan jagan lupa imbangi dengan memperbanyak minum air putih agar kulit kita kencang. [islampos.com]

Tags: #Menurut Islam #Penampian Cantik #Wanita Cantik