Muslimah, Begini Cara Dandan yang Benar Sesuai Syari’at Islam

68 views

Tidak satu pun perempuan yang ingin terlihat jelek, semua perempuan pasti ingin terlihat dan tampil cantik.

Akan tetapi tidak semua perempuan itu terlahir cantik, sehingga banyak dari mereka yang melakukan berbagai cara agar dirinya terlihat cantik.

Sudah menjadi hal yang lumrah bagi perempuan bersolek dan mempercantik diri.

Kecantikan itu dibagi menjadi dua. Yang pertama karena kecantikan fisik dan yang kedua kencatikan hati yang disebut dengan inner beauty.

Sebagai orang muslim tentu tahu hal-hal seperti ini. Tidak masalah cantik fisik namun yang lebih penting adalah cantik ruhiyah dan fikriyah juga.

Tubuh kita dan semua hal yang ada pada diri kita termasuk kencatikan merupakan anugrah dari Allah SWT, namun selain itu yang kita miliki adalah amanah dan titipan.

Loading...

Maka dari itu kita harus menjaganya dengan baik. Kencatikan wajah harus dirawat dan diperhatikan.

Islam punmengajarkan umatnya untuk selalu berdandan, berpenampilan menarik, bersih dan menarik.

Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan dalam hal ini. Diriwayatkan oleh Makhul, berdasarkan cerita dari Aisyah,

“Beberapa orang dari sahabat Rasulullah pernah menunggu beliau di depan pintu, lalu beliau keluar untuk menemuai mereka, sedangkan didalam rumahnya terdapat bejana yang berisi air. Sebelum mememui mereka, beliau bercermin ke dalam air tersebut dan merapikan jenggot serta rambutanya.”

Aisyah melanjutkan ceritanya lalu bertanya, “Wahai Rasulullah apakah Engaku juga melakukan hal yang sama?” Beliau menjawab Benar, jika seseorang ingin keluar untuk mendatangi saudaranya, maka hendaklah mempersiapkan diri, sebab sesungguhnya Allah sangat mencintai keindahan.”

Nabi Muhammad pun beranggapan bahwa berpenampilan menarik juga merupakan bentuka rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan.

Sesungguhnya Allah senang melihat atsar (pengaruh) nikmat-Nya yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya,” (HR At-Tirmidzi dan Al-Hakim).

Akan tetapi bukan berarti islam memperbolehkan berdandan yang berlebihan atau tabaruuj, islam hanya memperbolehkan berdandan namun jangan sampai melewati batas.

Batasan syar’i yaitu tetap menutup aurat, tidak menyerupai orang kafir, tidak berdandan seperti laki-laki, tidak memakai wangi-wangian ketika keluar rumah karena bisa dicium oleh laki-laki yang bisa membangkitkan rasa ketertarikan.

Sebagaimana Nabi Muhammad mencontohkan kita sebagai muslimah harus berpenampilan rapi, sebab seorang muslimah juga mengemban dakwah.

Ketahuilah bahwa dakwah itu bukan hanya secara lisan namun juga penampilan.

Dan yang terpenting adalah berdandan cukup untuk suami saja, bukan untuk laki-laki lain dan diluar rumah. [islampos.com]

Tags: #Berpnampilan #Bersolek #Hanya Kepada Suami #Wanita Berdandan