Nabi Muhammad SAW Membagi Manusia Menjadi 4 Kelompok

659 views

Manusia hidup di bumi sebagai khalifah. Yang bertanggung jawab menjaga bumi serta seluruh nikmat yang Allah berikan.

Ada Dalam satu riwayat Ahmad, Rasulullah SAW membagi manusia menjadi 4 kelompok:

 

إِنَّمَـا الدُّنْيَا لِأَرْبَعَةِ نَفَرٍ : عَبْدٍ رَزَقَهُ اللهُ مَالًا وَعِلْمًـا فَهُوَ يَـتَّـقِيْ فِيْهِ رَبَّـهُ وَيَصِلُ فِيْهِ رَحِـمَهُ وَيَعْلَمُ لِلهِ فِيْـهِ حَقًّا ، فَهَذَا بِأَفْضَلِ الْـمَنَازِلِ.وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللهُ عِلْمًـا وَلَـمْ يَرْزُقْهُ مَالًا فَهُوَ صَادِقُ النِـّـيَّـةِ يَقُوْلُ : لَوْ أَنَّ لِـيْ مَالًا لَعَمِلْتُ بِعَمَلِ فُلَانٍ ، فَهُوَ بِنِـيَّـتِـهِ فَأَجْرُهُـمَـا سَوَاءٌ , وَعَبْدٍ رَزَقَهُ اللهُ مَالًا وَلَـمْ يَرْزُقْهُ عِلْمًـا فَهُوَ يَـخْبِطُ فِـي مَالِـهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ لَا يَتَّقِي فِيْهِ رَبَّهُ وَلَا يَصِلُ فِـيْـهِ رَحِـمَهُ وَلَا يَعْلَمُ للهِ فِـيْـهِ حَقًّا فَهَذَا بِأَخْبَثِ الْـمَنَازِلِ , وَعَبْدٍ لَـمْ يَرْزُقْـهُ اللهُ مَالًا وَلَا عِلْمًـا فَهُوَ يَقُولُ : لَوْ أَنَّ لِـيْ مَالًا لَعَمِلْتُ فِيْـهِ بِعَمَلِ فُلَانٍ ، فَهُوَ بِنِيَّتِهِ فَوِزْرُهُـمَـا سَوَاءٌ

“Sesungguhnya dunia itu hanya diberikan kepada empat kelompok:

Loading...

Pertama, Diberi Rezeki Harta dan Ilmu
Kelompok pertama adalah hamba Allah yang diberi rezeki harta dan ilmu. Dia Bertaqwa sebab hartanya, menjalin tali silaturrahim. Dan Inilah kedudukan manusia paling baik di sisi Allah.

Kedua, Diberi Ilmu
Kelompok kedua, hamba yang hanya diberi ilmu tidak diberi harta. Dan orang ini berkata, ’jika aku punya harta, maka aku akan beramal seperti fulan’. Sebab niatnya itu, maka dari sisi pahala, dia sama dengan kelompok pertama.

Ketiga, Diberi Harta
Orang ketiga ini diberi harta tapi tidak diberi ilmu. Ini kelompok yang paling buruk di sisi Allah. Karena semena-mena dengan hartanya. Harta yang dimiliki tidak membuatnya takwa, serta tidak menjalin silaturrahmi dan memenuhi hak-hak Allah.

Keempat, Tidak Diberi Ilmu dan Harta
Tipikal manusia ini orang yang tidak diberi harta dan ilmu. Dia berkata, ‘seandainya aku mempunyai harta, maka aku akan beramal seperti amalnya fulan’. Maka dengan niatnya itu, dia sama dengan kelompok ketiga dari sisi dosanya.” (HR Ahmad No 18060)

Ulama madzhab yang alim, Imam asy-Syafi’i berkata:

 

من أراد الدنيا فعليه بالعلم، ومن أراد الآخرة فعليه بالعلم، ومن أراد الدنيا والآخرة فعليه بالعلم

“Barang siapa yang menginginkan dunia, maka hendaklah dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan Akhirat, maka hendaklah dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

Tags: #Hadits Nabi #Kelompok Manusia #Khalifah Di Bumi