Nabi Muhammad SAW Menghindari 8 Penyakit Jiwa Ini (3)

255 views

Sifat yang menggorogoti jiwa yang selanjutnya adalah;

Kikir (al-Bukhlu)
Kikir adalah tidak menunaikan hak dan kewajiban yang berhubungan dengan harta. Alquran mengamcam orang yang mempunyai sifat kikir. Harta yang dimilikinya tidak akan punya manfaat.

Allah berfirman:

وَأَمَّا مَنْ بَخِلَ وَاسْتَغْنَى وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى وَمَا يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى

“Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup, serta mendustakan pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa” (Qs Al-Lail: 8-11).

Sifak Kikir muncul pada orang yang sangat cinta pada harta, takut harta habis, dan juga takut miskin. Orang yang mempunyai sifat kikir biasanya orang yang memiliki kecukupan harta.

Takut (al-Jubnu)
Takut berarti tidak siap memenuhi tanggung jawab. Orang yang mempunyai Jiwa penakut gampang berbohong dan mudah mencari kambing hitam. Dan akhirnya muncul rasa pesimis, dihantui bayangan kegagalan karena tidak memiliki keberanian moral.

Terlilit utang (dhal’u al-Dain) dan Dikuasai orang (qahru ar-rijal)
Orang berhutang biasanya tertekan dan jika tidak mampu bayar, rela melakukan apa saja (qahru ar-rijal) yang diperintah oleh orang memberi hutang hanya agar lunas, bahkan ada yang menjual kehormatannya.

Loading...

Sabda lain Nabi SAW:

أَيُّمَا رَجُلٍ يَدِينُ دَيْناً، وَهُوَ مُجْمِعُ أَنْ لاَ يُوَفِّيَهُ إِيَّاهُ، لَقِيَ اللَّهَ سَارِقاً (رواه ابن ماجه)

“Siapa yang berutang lalu berniat tidak melunasinya, ia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dengan status pencuri” (HR. Ibnu Majah).

Tags: #Akhlak Buruk #Hindari Semua #Penyakit hati