Orang Tua Harus Tahu Beberapa Sikap yang Dapat Menghambat Percaya Diri Anak

232 views

Dalam masa perkembangan anak menjadi masa emas untuk membentuk karakter positif yang nantinya akan menjadi bekal untuk menuju dewasa.

Seperti pembentukan percaya diri [ada anak, karena jika anak memiliki rasa percaya diri dia akan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan selalu siap menerima segala tantangan.

Tapi meski sudah banyak anak yang memiliki rasa percaya diri, namun orang tua justru melakukan hal-hal yang menghambat kepercayaan diri anak.

Maka dari itu coba cari tahu siakpa orang tua yang dapat menjadi penghambat percaya diri anak.

1. Membesar-besarkan Kesalahn Anak dan Tidak Toleran
Bunda harus bisa emahami bagaimana proses anak belajar,yang pastinya dia akan melakukan kesalah meski itu tanpa sengaja dia lakukan.

Karena dari kesalahan anak bisa terus elajar dan memperbaiki, maka dari itu bunda tidak usah teralu mebesarkan masalah dengan memarahi anak berlebihan.

Loading...

Karena sikap bunda yang tidak toleran akan membuat anak kehilangn percaya diri, dan dia akan enggan mencoba karenadari pada dimarahi mending diam saja.

2. Membandingkan Prestasi Anak Dengan yang Lainnya
Bunda boleh saja bercerita tentang prestasi anak lainnya untuk membuat anak semangat lagi dalam belajar, tapi bunda juga harus memilih kalimat yang pas.

Karena berbeda antara mengabarkan dengan membandingkan anak sendiri dengan anak yang lainnya, dan terkadang anak juga akan menceritakan tentang prestasi temannya.

JIka bunda teralu membandingkan anak dengan anak yang lainnya dia akan merasa malu dan semangatnya akan mudah hilang dan percaya diri yang berkurang.

3. Tidak di Berikan Kesempatan Untuk Memilih dan Menyampaikan Pendapat
Salah satu pembuhuhan karakter ketika orang tua tidak pernah diberi kesempatan untuk memilih dan menyampaikan pendapat.

Jika ini dilakukan secara teus menerus maka anak akan tumbuh dewasa dengan membawa kesulitasketika berinteraksi dengan orang lain.

Ketika rasa percaya sudah hilang, dia akan selalu khawatir dan takut apa yang dikatakanannya akan salah dan kerap mengundang tawa.

4. Terlalu Membatasi Pergaulan Anak Hinggan Merasa Sendiri
Bunda boleh saja membatasi pergaulan pada anak, tapi bukan berarti membuatanak sendiri dan tidak memiliki teman, karena itu akan menjadi lebih buruk.

Karena ketika anak bermai dengan sebyanya dia akan banyak belajar satu sama lain anak dapat belajar menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus mengendalikan kepercayaan diri agar tidak berlebihan.

5. Selalu Melakukan Segala Sesuatunya Untuk Anak
Pada dasarnya setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak, hanya saja caranya yang salah.

Bunda tidak boleh memudahkan anak dan meringkas waktu agar segalanya berjalan lebih cepat dan tepat waktu, karena akan membuat anak tidak tahu kalau dirinya mampu melakukannya sendiri.

6. Mengkritik Anak dengan Keras
Meski pada dasarnya mengkritik juga perlu di lakukan tapi bukan berarti bunda bisa berlaku kasar padanya hanya karena kegagalan.

Sehingga sama sekali tidak memberi apresiasi, dan anak akan merasa bahwa setiap apa yang dia lakukan harus berhasil sehingga dia memilih membiarkan semuanya hancur.

7. Tidak Memberi Tahu Potensi dan Kemampuan yang Dimiliki Anak
Mengetahui potnsi pada anak bukan mruapak hal yang mudah, bunda bisa menyakan hak ini oada guru atau psikologis dan harus diapreisiasi.

Karena bukan hanya bidang akademik yang orang perlu diapresiasi, potensi anakjuag patt di apresiasi lo bun. [popmama.com]

loading...
loading...

Tags: #Pertumbuhan Anak #Rasa Percaya Diri #Rumah Tangga #Sikap Orangtua