Pada Masa Khalifah Inilah Pertama Kali Uang Dirham Bulat Dibuat

49 views

Pada suatu kesempatan Abu Bakar mengatakan tentang Abdullah bin Zubair bin Awwam al-Qurasyi al-Asady, “Dia adalah penunggang kuda bangsa Quraisy di zamannya.”

Kelahiran Abdullah bin Zubair bin Awwam al-Qurasyi al-Asady di Madinah setelah hijrah. Ia ikut menyaksikan penaklukan Afrika di zaman Utsman bin Affan.

Dan la dibaiat sebagai khalifah pada tahun 64 hijriyah. Dan menyebabkan kematian Yazid bin Muawiyah.

la memerintah Hijaz, Yaman, Mesir, Khurasan, dan sebagian besar Irak.

Kemudian dilah yang  menjadikan Madinah sebagai ibu kotanya.

Dia dan orang-orang bani Umayyah terjadi beberapa pertempuran besar. Sampai ia diserang oleh al-Hajjaj ats-Tsaqafy di masa Abd al-Malik bin Marwan.

Loading...

Lantas ia pindah ke kota Makkah.

Al- Hajjaj menggempurnya di Thaif, Dalam pertempuran itu  membuat  Abdullah bin Zubair tewas di Makkah.

Karena ia ditinggalkan oleh seluruh sahabatnya dan bertempur gagah berani, dengan banding sepuluh banding delapan puluh.

Abdullah bin Zubair merupakan ahli pidato bangsa Quraisy yang berani. Ia mirip Abu Bakar Shiddiq. Dan umur kekhilafahannya hanya sembilan tahun.

Pada masanya Ukiran mata uang dirham (logam), di satu sisi ada tulisan `Muhammad Rasulullah’, dan pada sisi lainnya tulisan, “Allah memerintahkan untuk setia dan adil.”

Dan Abdullah bin Zubair adala orang pertama kali membuat uang dirham dengan bentuk bulat. Ada tiga puluh tiga hadits yang diriwayatkannya.

Tags: #Cinta Sahabat #Sahabat #Uang Dirham #uang Logam