Pahamilah Suami, Ini Cara Memuliakan Istrimu

159 views

“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya.” (HR. Ahmad dan At-Tirmidzi)

Wahai para suami tahukah anda bagaimana cara memuliakan istri anda? Rasulullah Saw berpesan saat haji wada’,

“Wahai manusia, sesungguhnya istri kalian mempunyai hak atas kalian sebagaimana kalian mempunyai hak atas mereka. Ketahuilah, kalian mengambil wanita itu sebagai amanah dari Allah dan kalian halalkan kehormatan mereka dengan kitab Allah. Takutlah kepada Allah dalam mengurus istri kalian. Aku wasiatkan atas kalian untuk selalu berbuat baik.“

Menurut Ida Nur Lalila, cara suami memuliakan istrinya adalah dengan cara mengungkapkan cinta secara tulus tanpa mengenal batas waktu, mendidik juga melindungi bahkan merawat dengan penuh kasih sayang.

Beri Penghargaan
Berilah istri sebuah perngharagan berupa rasa terimakasih, rasa bangga terhadap istrinya atas kesediannya mendampingi hidup juga karena sudah mau menjadi ibu dari anak-anakmu, serta karena telah menjaga kehormatan dirinya jug hartanya.

Sebab seorang istri akan merasa lebih bahagia jika suami berterimakasih dari pada memberi pengharagaan lainnya.

Loading...

Selain rasa terimakasih, sang suami hendaknya mengungkapkan perasaan cinta yang tak kalah pentingnya.

Sebab seorang sahabat pernah menemui Nabi Muhammad lalu berkata ”Ya Rasul, aku mencintai sahabatku si fulan.”

Rasulullah lalu bertanya, “Sudahkah ia mengucapkan pada si fulan tentang perasaannya tersebut?”

Dan sahabat tersebut menyatakan belum melakukannya.

Nabi Muhammad berpesan, “Pergilah ke sahabatmu itu dan nyatakan perasaanmu itu,”

Jika kepada sahabat kita saja kita harus berterimakasih dan mengungkapkan perasaan cinta lalu bagaimana dengan seorang istri yang setiap harinya melakukan yang terbaik juga selalu menemani anda.

Dalam sebuah tulisan Fauzil Adhim menyatakan” banyak cara untuk menyatakan penghargaan kepada sang istri, karena sang istri akan semakin bersemangat ketika istrinya bangun ada secangkir teh hangat atau susu.

Jika tidak bisa melakukan hal itu, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan sarapan bagi anak-anaknya.

Mengantarkan anak ke seolah serta membantu istri di dapur, akan tetapi yang terpenting segala yang dilakukan adalah untuk mencari ridho Allah.

Karena apapun yang dilakukan tidak akan bermakna apa-apa jika tidak dilakukan dengan mencari ridho Allah.

Dorong Istri Mengembangkan Potensi
Suami Ida Nur Laila Cahyadi Takariawan penulis buku-buku tentang keluarga, terdapat sepuluh karakter suami ideal yang salah satunya suami dapat menemukan potensi istri dan memberi dorongan maju, berkembang serta berprestasi.

“Pernikahan bukanlah suatu lembaga untuk melestarikan berbagai prestasi juga potensi dari salah satu pihak saja, akan tetapi dengan pernikahan itu maka akan mengoptimalkan berbagai potensi dari keduanya.”

Bagaimana cara temukan potensi seorang istri? caranya adalah melihat kelebihan istri juga sang suami memfasilitasi untuk mengembangkannya.

Misalkan istri terlihat suka memasak kenapa tidak sang suami membiayai kursus memasak atau membelikan alat-alat masak.

“Definisi format prestasi yaitu memiliki kesepatakan didalam keluarga. Ketika ada kesempatan dukunglah dan doronglah sitri untuk berprestasi. Rayakanlah setiap keberhasilan juga capaian prestasi suami dan istri, dalam suasana cinta dan kasih sayang.”

Ketika sang suami mencapai prestasi, maka semua itu karena dukungan istri juga anak-anaknya. Ketika sang istri mencapai puncak prestasinya maka semua itu terjadi karena dorongan sang suami juga anak-anaknya. Semua orang merasa bahagia juga bangga serta gembira. [ummi-online.com]

Tags: #Muliakan Istri #Sikap Suami #Suami Harus Memuliakan Istri