Patah Hati Bisa Menyebabkan Kelumpuhan

821 views

Patah hati bisa membuat seseorang merasakan kesedihan yang mendalam, tidak hanya berminggu-minggu namun bisa berbulan-bulan bahkan adasampai tahunan.

Hanya orang yang pernah sakit hati yang bisa merasakan bagaimana sakitnya disakiti dan dikecewakan oleh orang yang paling disayang.

Menurut Guy Winch dalam bukunya yang berjudul “How to Fix a Broken Heart”, mengatakan bahwa efek patah hati ini sangat buruk dan bisa merusak.

Di University of Michigan, Ethan Kross melakukan penelitian dengan cara memasang iklan mencari orang yang sedang sakit hati.

Orang yang menjawab iklan tersebut nantinya akan dimasukkan ke mesin fMRI (pemindai yang bsa menunjukkan bagian otak dngan aliran darah lebih besar, menandakan kenaikan aktivias)

Setelah itu diintruksikan untuk melihat foto orang yang sudah membuatnya sakit hati, lalu kembali mengingat hal-hal selama putus sambil lalu pihak peneliti memindai otak mereka.

Loading...

Selanjutnya Ethan Kross dan timnya membandingkan apa yang dialami oleh otak yang sedang merasakan sakit secara emosional dengan mereka yang mengalami rasa sakit secara fisik.

Peserta penelitian diminta masuk ke fMRI lagi guna men-scan analisis neurosensori (yang memberi rasa panas ke kulit lengan atas) digunakan untuk memanaskan lengan atas para peserta setiap tujuh detik.

Awalnya rasa panas tersebut hanya tidak nyaman kemudian kadarnya dinaikan hingga rasa sakitnya memuncak dan diberi nilai 8 di skala 1-10 dimana 10 ini sudah tidak tertahankan.

Ada yang menarik dari hasil penelitian tersebut, para ilmuan membandingkan hasil pindahan otak para peserta, yang mana hasilnya ditemukan bahwa bagian otak yang aktif ketika mengingat sakit hati atau patah hati dan ketika mengalami rasa sakit yang tinggi.

Ternyata rasa sakit hati bisa membuat seseorang tidak berpikir jernih.

Contoh kecilnya ketika kita sedang sakit kepala berat begitu menyakitkan hingga tidak bisa berkonsentrasi.

Maka tak heran jika patah hati bisa menimbulkan rasa sakit yang mampu bertahan hingga berjam-jam, berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun.

Kelumpuhan Kognitif dan Fungsional Bisa Disebebakn Oleh Patah Hati
Akibat patah hati ternyata sangat fatal, bisa memicuk otak dan tubuh kita menimbulkan kelumpuhan kognitif dan fungsional cukup besar.

Percobaan fMRI diatas hanya bagian kecil dari penelitian mengenai patah hati. Bahkan ada sebuah penelitian yang mengungkapkan, ketika kita kehilangan orang yang kita sayang ternyata bisa menurunkan IQ dalam jangka waktu tertentu.

Sehingga tidak heran ketika kita sedang patah hati prestasi kita bisa menurun.

Patah hati tidak hanya memberi efek kesedihan secara emosianal saja, bahkan efek dari patah hati ini bisa melumpuhkan kognetif dan fugsional kita.

Seseorang yang baru patah hati akan merasa kesulitan untuk berfungsi secara normal ketika di sekolah, kampus atau pekerjaan.

Sehingga wajar ketika ada yang patah hati ia merasa dunianya sudah hancur dan runtuh, sebab otak dan tubuh sedang bereaksi.

Namun hal ini bisa disembuhkan jika kita memiliki keinginan yang sangat kuat untuk tetap melanjutkan hidup. [fimela.com]

loading...
loading...

Tags: #Lumpuh #Menyebabkan Lumpuh #Patah Hati