Penelitian: Cara Tidur Nabi Muhammad Mengurangi Risiko Kematian

997 views

Apapun yang dilakukan Nabi Muhammad memiliki makna dan tuntunan yang sangat agung. Diantara gaya hidup Nabi Muhammad yang memiliki dampak besar pada kesehatan adalah pola tidurnya.

Nabi Muhammad cepat tidur dan cepat pula bangunnya, selain itu beliau sering tidur di awal malam dan bangun di tengah malam kedua untuk menunaikan sholat malam.

Pola tidur Nabi Muhammad tidak berlebihan dan tidak pula memaksakan diri untuk tidur sebentar. Ternyata ini manfaatnya besar sekali menurut peneliti asal Amerika Serrikat.

Ahli psikiatri dari Universitas California, Daniel F Kripke mengatakan, orang yang biasa tidur 8 jam sehari memiliki resiko kematian yang lebih cepat.

Penelitian ini melibatkan responden dengan rentan usi 30-120 tahun dan diteliti selam enam tahun di Amerika Serikat dan Jepang.

Sementara orang yang biasa tidur antara 6-7 jam dalam sehari seperti Nabi Muhammad memiliki umur lebih panjang. Rasulullah setelah sholat Isya’ dang bangun tengah malam. Jadi total waktu tidur beliau tidak lebih dari 8 jam.

Loading...

Dalam buku Metode Pengobatan Nabi karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah disebutkan bahwa Nabi Muhammad tidur dengan posisi memiringkan tubuh ke arah kanan.

Sambil berdzikir kadang Nabi memiringkan badannya ke sebelah kiri sebentar lalu kembali ke posisi semula, yang miring ke sebelah kanan.

Cara tidur seperti ini sangat baik dan efisien, karena posisi lambung jadi pas dan tepat secara proporsional.

Memiringkan badan ke sebelah kiri sebentar bermanfaat pada proses percernaan makanan lebih cepat karena lambung mengarah ke lever, baru kemudian berbalik lagi ke sebelah kanan, sehingga makanan lebih cepat tersuplai dari lambung.

Tags: #Nabi Tidur #Pola Tidur #Resiko Kematian