Penelitian: Kekebalan Tubuh Meningkat Selama Puasa Ramadhan

244 views

Dengan adanya wabah covid-19 membuat kita harus tetap menjaga imunitas tubuh kita, karena ketika imun kita naik maka tidak akan rawan terkena virus ini.

Meskipun kita menjalani bulan puasa penuh dengan kekhawatiran karena mewabahnya virus covid ini namun ternyata memiliki manfaat tak terduga bagi kesehatan.

Fakta mengungkapkan bahwa puasa di bulan Ramadhan memiliki manfaat bagi tubuh yang mana bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Puasa dianggap bisa menempatkan tubuh pada “mode konservasi energi” karena kurangnya nutrisi yang masuk.

Dengan menghemat energi, tubuh akan mendaur ulang sel yang sudah lama rusak sehingga akan meregenarasi sel baru. Sel baru ini akan lebih efisien dalam memerangi infeksi kekebalan tubuh sehingga secara keseluruhan akan meningkat.

Ketika berpuasa harus memperhatikan satu hal bahwa kita harus mengkonsumsi air putih yang cukup, karena penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan air putih bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan bisa meningkatkan resiko infeksi.

Meskipun berpuasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh namun bukan berarti tidak menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi resiko penularan covid-19 dengan tetap menjaga pola makan, menjaga jarak, sering-sering mencuci tangan dan memeprhatikan kebersihan lingkuhan sekitar. [fimela.com]

Loading...

Tags: #Kekebalan Tubu #Meningkat Karena Puasa