Pengertian Ibadah Qurban

834 views

 

Didalam syariat islam memiliki dua hari raya yaitu hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Idul adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Pada hari raya idul adha ini identik dengan hewan kurban. Lalu apa maksud dari kurban ditinjau dari bahasa dan istilah.

Pengertian Qurban Secara Lengkap
Kurban identik dengan kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail Alaihisallam. Dari kedua kisah utusan inilah kita bisa mengetahui makna dari kurban tersebut adalah tentang keikhlasan dan ketundukan pada perintah Allah SWT.

Qurban (kurban) adalah hewan yang disembelih agar menjadikan kita lebih dekat dengan kasih sayang Allah.

Di dalam fiqih qurban disebut “udhiyya” yang artinya adalah hewan disembelih saat idul Adha. Disebut “qurban”.

Loading...

Menyembelih binatang disebut “tadhiyya” yang berarti menyembelih hewan khusus pada waktu tertentu dengan niat ibadah dan ketaatan. Ini juga dapat disebut “zabh” dan “Nahr”.

Sebagaimana salah satu ceramah Ustadz dr. Amir Faishol Fath mengatakan kurban secara basaha kurban berasal dari kata Qoroba Yaqrobu yang artinya mendekat.

Maka dari itu kurban adalah salah satu ibadah yang bisa mendekatkan diri seseorang kepada Allah SWT.

Seorang yang berkurban bukan hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT juga sebagai faktor mendekatkan diri kita kepada manusia karena memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

Qurban adalah ibadah yang akan mendekatkan diri kita kepada Allah juga bisa membantu masyarakat yang kurang mampu serta mereka bisa menyantap daging dan merasakan lezarnya daging kurban yang jarang disantap dalam sehari-harinya.

Namun salah satu yang paling bermakna dari ibadah kurban adalah sebagai bentuk pengambaan kita sebagai mahluk kepada Allah SWT dengan cara membahagiakan sesama.

Qurban adalah bentuk keshalehan sosial sehingga akan merasakan indahnya berbagi kepada orang sekitar. Karena hal ini tdiak lepas dari arti kurban yang memiliki arti yang mendekat.

Dengan berbkurban akan mendekatkan secara emosiaonal antara orang kaya dan orang miskin dengan cara sama-sama merasakan qurban dihari raya idul adha. [blog.act.id]

Tags: #Hewan Kurban #Pengertian Hari Raya Idul Adha #Pengertian Idul Adha