Penyebab Haid Tidak Teratur Pada Remaja

212 views

Setiap perempuan akan mengalami yang namanya menstruasi atau haid. Setiap perempuan berbeda ketika mengalaminya.

Ada yang memiliki siklus haid lancar dan ada pula yang tidak tertatur. Ada bebrapa faktor yang menyebabkan perempuan telat haid atai memiliki siklus haid yang tidak lancar.

Sebagai perempuan tentu ingin mengetahui apa saja penyebab dari haid yang tidak teratur. Berikut ini penyebab kenapa remaja wanita haidnya telat dan tidak lancar.

Penyebab Telat Haid yang Sering Dialami Wanita
Penyebab haid yang tidak lancar bisa desebabkan oleh beberapa faktor. Bagi remaja wanita yang belum menikah telat haid bisa disebabkan oleh terlalu capek atau terlalu lelah.

Misal karena terlalu keras belajar atau bahkan karena olahraga yang terlalu berat. Hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh bisa menyebabkan wanita remaja yang belum menikah telat menstruasi.

Haid tidak lancar juga dikarenakan menghentikan kebiasannya secara tiba-tiba, misal biasa berolahraga namun tiba-tiba berhenti bahkan pola makan pun bisa memperngaruhi siklus haid.

Loading...

Contoh mereka yang biasanya makan banyak lalu menjalani diet sehingga tubuh akan menjadi stres atau sebaliknya.

Tidak hanya itu saja, jenis obat-obatan juga bisa mempengaruhi siklus haid dan menjadi telat datang bulan.

Terutama obat-obatan yang mengandung hormon contoh obat-obatan yang mengurangi rasa gatal, suntik KB atau pil KB. Biasanya ketika berhenti mengkonsumsi haidnya akan lanca kembali.

Biasanya remaja wanita akan mengalami haid yang tidak lancar karena pola ovulasi belum teratur.

Jika haidnya tidak lancar bahkan tidak ada, maka coba ingat kembali apakah pernah minum obat-obatan tertentu sehingga memicu fisilogis yang sering membuat haid sering telat sendiri.

Berapa Lama Batas Telat Haid yang Wajar?
Menstruasi adalah hal yang normal bagi setiap perempuan, karena semua perempuan mengalaminya.

Siklus setiap perempuan ataupun rejama wanita tidak sama, namun rata-rata berjarak 28 hari. Ada yang telat 1 bulan, namun juga ada yang sampai 42 hari. Jika pun telat hingga 3-4 bulan pun ternyata tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Jika memang telat hingga hitungan bulan, maka lebih baik periksa ke dokter spesialis. Terutama jika sudah telat sampai 5-6 bulan.

Bagi yang sering telat haid sangat disarankan untuk memperhatikan batas normal telat haid sehingga bisa dilakukan penangan yang tepat.

Sebagian remaja mengira ketika mereka telat haid sealma 4-5 bulan mengira bahwa darahnya akan mengumpul di dalam tubuh dan lama-alam bisa berbahaya.

Padahal sebenarnya tidak demikian, tak akan ada pendarahan di dalam tubuh jika tidak haid.

Ketika tidak haid maka tidak ada endometrium yang lepas. Sehingga tidak akan ada darah yang mengumpul.

Darah hanya akan keluar apabila selaput lendirnya lepas.

Jika lendirnya tidak lepas maka tidak akan berdarah, jadi tidak ada yang perlu ditakutkan dan khawatir saat telat haid atau datang bulan.

Demikianlah penyebab kenapa perempuan telat datang bulan dan berapa lama batas haid yang wajar bagi perempuan remaja. [doktersehat.com]

Tags: #Batas Telat Haid #Penyebab Haid Tidak Lancar