Penyebab Haid Tidak Teratur Tiap Bulan

389 views

Hadi yang normal akan berlangsung secara teratur setiap bulannya, walau mungkin jatuh pada tanggal yang berbeda namun setiap bulan selalu rutin dan tidak terlewatkan.

Jika adan mengalami haid selama satu bulan atau dua bulan lalu bulan berikutnya maka carilah penyebab haid yang tidak tertaur ini?

Apa Saja Penyebab Haid Tidak Teratur?
Siklus haid normal dihitung mulai dari hari pertama menstruasi hingga sampai priode menstruasi berikutnya. haid anda dikatakan normal jika berlangsung selama 25-38 hari.

Jika lebih dari itu haid anda termasuk tidak normal. Berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan haid tidak teratur;

1. Merasa Stres
Ketika seseorang stres maka hormon hormon kortisol dalm tubuh seseorang akan meningkat secaara langsung sehingga akan mempengaruhi hormon reproduksi yang mengatur menstruasi.

Sehingga proses pelepasan sel telur menjadi tidak normal sehingga siklus haid anda terganggu.

Loading...

2. Penggunaan Alat Kontrasepsi
Penggunaan alat kontrsepsi baik dalam berbentuk KB atau spiral IUD bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan satu jeni konrasepsi maka lebih baik mencari tahu dulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh alat tersebut.

Salah satu efek sampingnya adalah siklus haid anda teganggu. Hal ini disebabkan karena alat kontrasepsi mengganggu kestabilan hormon reproduksi dalam tubuh.

Maka lebih baik konsultasi dengan dokter jika anda merasa terganggu dengan kondisi ini.

3. Perubahan Berat Badan Drastis
Tanpa disadari, perbuahan berat badan secara mencolok baik berkurang atau bertambah akan menganggu kerja hormon reproduksi didalam tubuh.

Contoh ketika berat badan menurun drastis maka akan menylitkan tubuh untuk memproduksi hormon estrogen yang berguna dalam proses ovulasi.

Dengan bertambahnya berat badan maka akan berakibat yang akan mengakibatkan kadar estrogen berpengaruh pada siklus menstruasi anda, hal ini dijelaskan oleh Angela Chaudhari, MD, seorang ginekolog di Northwestern Memorial Hospital Amerika Serikat.

4. Pre-menopause
Wanita akan mengalami masa menopuse, sebelum memasuki masa menopause akan melalui beberapa transisi dulu yang dikenal dengan masa pre-menopause.

Biasanya wanita akan mengalami hal ini pada usia 40 tahun. Waktu berlangsungnya pre-menopouse biasanya empat sampai delapan tahun.

Salah satunya adalah perubahan silus menstruasi akibat kadar estrogen di dalam tubuh yang tidak menentu.

5. Memiliki PCOS
PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome gangguan reproduksi terjadi akibat gangguan ketidak seimbangan dalam tubuh.

Wanita yang memiliki PCOS biasanya memiliki kadar hormon seks yang tidak seimbang, kelebihan hormon androgen atau hormon seks pria, dan memiliki kista kecil di ovariumnya.

Semua itulah yang mengakibatkan proses evolusi hingga mengacaukan siklus menstruasi. Anda juga bisa mengalami menstruasi sebanyak dua kali dalam sebulan atau bahkan bisa mendapatkan haid selama beberapa bulan. [hellosehat.com]

Tags: #Haid yang Tidak Teratur #Penyabab Haid Tidak Teratur