Penyebab Kematian Abu Lahab dan Kekalahan Perang Badar

104 views

Orang yang paling menentang dakwah Nabi adalah Abu Lahab walaupun sebenarnya dia adalahpaman Nabi Muhammad SAW.

SEtelah perang Badar selesai dan dimenangkan kaum Muslimin, kesehatan Abu Lahab semakin hari semakin menurun dan pada akhirnya pun meninggal karenanya.

Muhammad Husain Haekal Dalam buku Sejarah Hidup Muhammad menjelasakan, atas kemenagan perang Badar, kaum muslimin bersuka ria. Namun di sisi lain, kaum kafir semakin terpukul tak karuan dalam setiap aspek.

Di kota Makkah, para petinggi dan bangsawan kafir banyak yang tewas karena kekalahan perang badar itu.

Disaat berita itu diketahui secara benar ke telinga Abu Lahab, ia pun jatuh tersungkur dan pingsan karena shok mendengan kekalahan kamu kafir.

Kemudian Abu Lahab sakit demam dan tujuh hari kemudian dia meninggal dunia. Dan para orang-orang kafir pun berunding atas meninggalnya Abu Lahab.

Loading...

Pengaruh besar kematiannya adalah dipicu karena kekalahan dalam perang Badar itu. Meninggalnya Abu Lahab juga menjadi pukulan dan gengsi bagi kaum kafir.

Karena kematian Abu Lahab itu, mereka bersepakat tidak menyatakan dukacita atas kematian Abu Lahab. Sebab menurut mereka apabila itu terdengar oleh Nabi Muhammad, mereka curiga akan diejek oleh Nabi dan Kaum Muslimin.

Tags: #Abu Lahab #Kekalahan Badar #Prang Badar