Percikan Air Hujan di Jalan Apakah Najis Jika Terkena Pakaian?

690 views

Saat datangnya musim penghujan, banyak ruas jalan yang tergenangi air hujan maupun lumpur, sehingga ketika kita mengendarai sepeda motor atau sedang berjalan kaki percikan air maupun lumpur itu mengenai saurng, celana bahkan baju yang kita pakai.

Bagaimanakah hukum pakaian tersebut? Najis atau bagaimana?

Islam adalah agama pembawa rahmat bagi seluruh umat manusia. Kaitanya dengan masalah pakaian, Islam sangat menganjurkan agar ummatnya selalu berhati-hati dalam menjaga kesucian pakaian dari najis.

Sebab hal ini berpengaruh terhadap sah dan tidaknya shalat, dari kotoran yang menempel pada pakaian, badan maupun tempat shalat.

Dan disisi lain Islam juga memperhatikan kemudahan, agar umat tidak tertekan dan tak terjadi kesulitan.

Dengan demikian, ada beberapa najis yang dimaafkan, karena sulit dihindari apalgi untuk dihilangkan.

Loading...

Sebagaimana yang disebutkan dalam Kitab Al-Wajiz (Syarhul Kabir) karya Imam Al-Ghazali.

قال الغزالي : يُعْذَرُ مِنْ طِيْنِ الشَّوَارِعِ فِيْمَا يَتَعَذَّرُ الإِحْتِرَازُ عَنْهُ غَالِبًا

“Imam Al-Ghazali berkata: Pakaian yang terkena percikan lumpur maupun air dijalan karena sulitnya menghindarkan diri darinya, maka hal ini dimaafkan.”

Kemudian jika percikan air maupun lumpur tersebut diyakini mengandung najis, misalnya genangan air tersebut adalah luapan dari got ataupun comberan yang najis. Maka hal ini juga dimaafkan jika memang percikan tersebut sedikit.

Seperti pendapat Imam Ar-Rafi’I dalam kitabnya Al-Aziz Syarhul Wajiz.

وَأَمَّا مَا تَسْتَيْقِنُ نَجَاسَتَهُ فَيُعْفَى عَنِ القَلِيلِ مِنْهُ. وأمَّا الكَثِيْرُ فَلاَ يُعْفَى عنهُ كَسَائِرِ النَّجَاسَاتِ

“Jika diyakini jalan tersebut ada najisnya, maka hukumnya dimaafkan jika percikan tersebut hanya sedikit, namun jika percikan tersebut banyak maka tidak dimaafkan, sebagaimana hukumnya najis-najis yang lain.”

Mengapa najis yang sedikit diatas bisa dimaafkan, alasannya adalah karena akan memberatkan kalau harus diperintahkan untuk segera mencuci pakaian yang terkena percikan itu.

Padahal ia hanya membawa satu pakaian dan juga ia harus memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tags: #Air Comberan #Air Hujan #Percikan Hujan