Peristiwa Wafatnya Nabi Sulaiman dan Merdekanya Para Jin

425 views

Nabi Sulaiman dikaruniai banyak kelebihan. Dari paham semua bahasa hewan hingga mempunyai anak buah jin. Nabi Sulaiman juga orang yang sangat taat beribadah.

Dalam suatu keadaan Nabi Sulaiman sedang mengontrol anak buhanya yakni para jin bekerja. Nabi Sulaiman terus memantau jin yang bekerja. Dan jin- jin yang bekerja tidak ada yang berani menoleh ke arah Nabi Sulaiman.

Ketika Nabi Sulaiman sedang sibuk-sibuknya mengawasi jin yang bekerja namun tak disangka-sangka tiba-tiba malaikat maut datang untuk mencabut nyawa Nabi Sulaiman.

Karena sedang mengawasi jin yang bekerja maka Jasad Nabi Sulaiman masih berdiri yang disangga oleh tongkat yang di pegangnya.

Dan semua jin mengira Raja Sulaiman masih hidup dan masih mengawasi mereka. karena Mereka tidak tahu kalau Nabi Sulaiman sudah wafat.

Nabi Sulaiman yang wafat dalam keadaan berdiri maka Allah memerintahkan rayap agar memakan tongkatnya.

Loading...

Kemudian dalam beberapa hari Sebagian dari tongkat Nabi Sulaiman dimakan rayap. Dan tongkat itu rusak dan patah. Jasad Nabi Sulaiman tersungkur dan terhempas ke bumi.

Dengan wafatnya Nabi Sulaiman para jin menghentikan pekerjaannya. Secepat mungkin mereka berlari.

Peristiwa meninggalnya Nabi Sulaiman diterangkan dalam Al-Quran Surat Saba’ ayat 14.

 

فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَىٰ مَوْتِهِ إِلَّا دَابَّةُ الْأَرْضِ تَأْكُلُ مِنسَأَتَهُ ۖ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَن لَّوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ

“Maka ketika Kami telah menetapkan kematian atasnya (Sulaiman), tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka ketika dia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentu mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.” (QS. As-Saba’: 14)

Tags: #Jin Taku #Nabi Sulaiman #Nabi yang Kaya