Pertengkaran Suami-Istri Bisa Reda Dengan 4 Cara Ini

358 views

Masalah akan selalu menerpa rumah tangga, siapapun pasti akan dihampiri masalah didalam rumah tangganya karena sebuah hubungan tidak akan pernah telepas dari yang namanya konflik.

Walau pertengkaran didalam hubungan tidak dapat dihindari maka namun jika ego dan sikap kurang dewasa tetap dipelihara maka tidak akan ada habisnya. Pertengkaran yang terjadi akan semakin menjadi badai yang tidak akan terhenti.

Setiap masalah pasti ada solusinya begitu pula dengan pertengkaran yang terjadi didalam hubungan rumah tangga.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meredakan pertengkaran meski tidak semua pasangan bisa melakukannya. Ada Empat cara untuk meredakan badai pertengkaran didalam rumah tangga.

1. Jangan Memaksakan Diri Menjadi yang Paling Benar
Cobalah introspeksi diri agar tidak merasa bahwa dirimu paling benar sendiri. Perbedaan dan perdebatan hanyalah perkara biasa, ketika kamu benar bukan berarti pasanganmu salah.

Menurut Dr. Gary Brown, seorang terapis hubungan di Los Angeles, seperti yang dikutip dari elitedaily.com mengungkapkan bahwa hindari merasa paling benar sendiri karena yang harus kita lakukan adalah belajar untuk saling memahami.

Loading...

Sehingga terjadi perdebatan dan masalah maka tidak berusaha untuk menjadi yang paling benar melainkan belajar memahami keadaan.

2. Perbanyak Quality Time Berdua
Pentingnya memperbanyak waktu bersama berduaan agar dua-duanya merasa nyaman karena dengan seperti ini akan saling merasa diprioritaskan bahkan sama-sama sadar bahwa pertengkaran tidak perlu dibesar-besarkan.

Anita Chlipala, seorang terapis keluarga dan pernikahan serta penulis First Comes Us: The Busy Couple’s Guide to Lasting Love cara terbaik agar pertengkaran segera reda adalah dengan cara memperkuat hubungan yang ada, sebab ketika merasa semakin jauh dan rrenggang maka pertengkaran akan semakin meningkat.

3. Saat Dirasa di Luar Kendali, Ambil Jeda
Dr. Brown menyarankan ketika hubungan suami-istri dalam keadan tidak bisa mengendalikan emosi maka lebih baik jaga jarak terlebih dahulu karena membutuhkan waktu sendiri-sendiri dulu untuk menjernihkan pikiran sehingga bisa mengontrol emosi.

Setidaknya dua-duanya sama mengambil jarak atau waktu sehingga bisa menemukan akar permasalahannya dan mencari solusinya.

4. Diskusi Tatap Muka
Ketika ada persoalan didalam rumah tangga maka cobalah untuk menyelesaikan secara baik-baik dengan duduk bersama sehingga bisa melihat gerik-geriknya dan bisa melihat matanya.

Sebab permasalahan apapun pasti bisa terselesaikan, demi menghindari salah paham dan permasalahan yang semakin runyam maka hindari bertengkar lewat sosial media karena yang ada hanya akan semakin menambah masalah.

Berbicaralah dari hati kehati, berdiskusilahh demi menemukan akar permasalahnnya sehingga tercipta hubungan yang langgeng selamanya.

Pertengkaran tidak bisa dihindari dan setiap masalah terkadang memiliki tingkat kerumitan tersendiri.

Selama sama-sama saling mencintai, masih memiliki rasa peduli serta masih memiliki komitmen untuk bersama maka apapun masalahnya pasti akan terselesaikan juga.

Sebab pertengkaran hanya sebagai pelajaran agar sama-sama saling bersikap dewasa dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada [fimela.com]

Tags: #Meredam Amarah #Pasangan Bertengkar #Pertangkaran Suami Istri