Perubahan Saat Hamil Muda

423 views

Masa kehamilan tentu akan mengalami perubahan yang dialami oleh seorang perempuan. Apakah perubahan tersebut? Berikut ini beberapa perbuahan yang akan dialami oleh ibu hamil.

1. Cemas Dengan Kehamilam
Tiara Puspita yang akrab disapa Tita seorang Psikolog klinis dewasa dari Tiga Generasi, mengatakan bahwa kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinantikan didalam pernikahan namun bukan berarti segalanya positif.

Karena kita juga harus mengatur finansial serta harus menghadapi semua perubahan yang akan terjadi pada masa kehamilan. Rasa khawatir tidak hanya dirasakan oleh seorang istri namun juga dirasakan oleh seorang suami.

Kekhawatiran wajar dialami namun harus segera ditangani ketika ibu hamil merasa cemas berlebihan hingga tidak fokus beraktivitas, atau bisa menganggu kehamilan atau bahkan hingga membuat rumah tangga berantakan.

2. Ibu Lebih Sensitif
Dijelaskan psikolog Laura M. Glynn of Chapman University, mengatakan bahwa ibu hamil akan merasa sering sensetif, mudah melow dan mudah marah.

Perubahan psikologi inilah tidak lepas dari peran hormon ibu hamil sehingga mengalami perbuahan. Fluktuasi hormon juga yang bisa membuat ibu hamil memeprhatikan pebutuhan sikecil.

Loading...

Dikutip dari Psychological Science bahwa disilain perbuahan psikologi ibu hamil juga bisa membuatnya lebih sensitif pada kebutuhan bayi terutama terkait naluri keibuannya.

3. Merasa Takut
Dikutip dari Everyday Health, ibu hamil kerap kali akan merasa ketakutan, mulai dari takut keguguran, takut mengalami masalah selama hamil, takut gak bisa menjadi ibu yang baik hingga ketakutan saat proses persalinan.

4. Lebih Cengeng
Ibu hamil merasa lebih cengeng, hal ini normal karena orang hamil mudah merasa sedih bahkan hingga menangis yang disebabkan oleh perubahan hormon.

Namun jika merasa sedih berkepanjangan bahkan depresi maka segera minta bantuan pada yang profesioanal atau bicarakan dengan anggota keluarga untuk mencari solusi terbaik.

Itulah beberapa perubahan yang akan dialami oleh ibu hamil. [haibunda.com]

Tags: #Hamil Muda #Ibu Hamil #Perubahan Pada Ibu Hamil