Posisi Shaf yang Paling Utama Bagi Perempuan Ketika Shalat Berjama’ah

Perempuan tak jarang yang juga shalat jamaah di masjid. Mereka juga ingin mendapatkan banyak keutamaan dari shalat jamaah yang di laksanakan di masjid. Ketika seorang perempuan solat berjamaa di masjid dimanakah ia harus menentukan shaf untuk mendapatkan Fadilah dalam berjemaah?

Nabi SAW menjelaskan mengenai shaf shalat berjamaah bagi wanita harus berada di mana.

Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Shaf shalat laki-laki yang paling baik adalah yang paling depan, sedangkan shaf yang paling buruk adalah yang paling belakang. Sebaliknya, shaf shalat perempuan yang paling baik adalah yang paling belakang, sedangkan shaf yang paling buruk adalah yang paling depan,” (HR. Muslim).

Dari hadis ini dapat di ambil kesimpulan bahwa shaf shalat paling depan adalah shaf paling utama bagi makmum laki-laki. Karena shaf di depan adalah yang paling dekat dengan imam dan paling jauh dari makmum perempuan.

Kemudian hadis ini juga memeparkan tentang shaf bagi makmum perempuan yakni berada pada shaf paling belakang. Dan semakin jauh dari shaf makmum laki-laki maka semakin kecil terkena fitnah.

Dan ini beberapa adab yang harus diperhatikan kalau tempat shaf makmum laki-laki hampir dekat dengan shaf perempuan. Ialah si makmum perempuan hendaknya tidak i’tidal sebelum makmum laki-laki mengangkat kepala duluan, dan makmum perempuan keluar duluan dari masjid jika tidak ada pintu khusus perempuan.

Loading...

Tags: #Shaf Belakang #Shaf Depan #Shaf Perempuan