Rajin Puasa Tapi Malas Sholat Bagaimana Status Hukumnya

226 views

Sering kita jumpai orang malas dalam menjalankan shalat pada bulan Ramadhan. Tapi mereka tetap berpuasa dengan rajin dan tekun.

Bagaimana dengan puasa merka batal atau tak di terima oleh Allah?

Jika mereka tidak shalat karena alasan malas dan meremehkan maka pendapat yang kuat dihukumi telah keluar dari agama Islam (kafir) dan telah murtad.

Pendapat ini berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah dari perbedaan para ulama’.

Dan orang kafir dan murtad tidak akan diterima puasanya, dan amalan kebaikan lainnya.

Dalilnya adalah firman Alloh :

Loading...

وَمَا مَنَعَهُمْ أَنْ تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقَاتُهُمْ إِلَّا أَنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَبِرَسُولِهِ وَلَا يَأْتُونَ الصَّلَاةَ إِلَّا وَهُمْ كُسَالَىٰ وَلَا يُنْفِقُونَ إِلَّا وَهُمْ كَارِهُونَ

Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rosul-Nya dan mereka tidak mengerjakan shalat,

melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan” (Q.S. At-Taubah : 54).

Orang yang puasa tetapi tidak shalat, puasanya tertolak dan tidak diterima. Ini menurut pendapat berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menghukumi mereka telah kafir dan murtad.

Jika hal demikian terjadi pada kita maka segeralah bertaubat pada Allah. Dan kembalilah pada islam bertakwa kepada Allah dan memelihara shalat tepat waktu.

Setelah Nabi Adam melanggar perintah Allah untuk tidak memakan salah satu tanaman di surga.

Alloh berfirman:

ثُمَّ اجْتَبَاهُ رَبُّهُ فَتَابَ عَلَيْهِ وَهَدَىٰ

”Kemudian Robbnya memilihnya (mensucikannya untuk kenabian dan dekat dekat dengan-Nya), maka Dia menerima taubatnya dan memberinya petunjuk” (Q.S. Thoha : 122).

loading...
loading...

Tags: #Buka Puasa #Malas Sholat #Rajin Puasa