Rajin Shalat Tapi Juga Suka Maksiat, Ini Pandangan Syariat

835 views

Sholat adalah kewajiban bagi umat islam laki-laki dan perempuan. Menjahui maksiat juga merupakan kewajiban. Kedua perkara ini saling berkaitan dan dapat menguatkan serta melemahkan kadar keimanan seorang hamba.

Akan tetapai bagaimana kedua perkara seiring dikerjakan oleh seseorang? Rajin sholat dan juga rajin berbuat maksiat?

Dalam kitab Az-Zawajir an Iqtiraf Al-Kabair Imam Ibnu Hajar Al-Haitami menjelaskan bahwa orang yang menampakkan perbuatan baiknya  tapi juga mengerjakan larangan Allah atau mengerjakan maksiat serta rajin dalam melaksanakn sholat itu pertanda runtuhnya ketakwaan dan rasa takutnya kepada Allah SWT.

Ketika ada orang yang rajin sholat tapi juga  bermaksiat dan dipenuhi rasa penyesalan, maka Syekh Muhammad Al-Mukhtar menjelaskan bahwa orang itu bukanlah orang yang menantang Allah.

Akan tetapi perbuatan maksiat yang dilakukan orang ini adalah perbuatan yang sangat salah. Dan orang itu wajib bertaubat serta tidak mengulanginya kembali.

Karena hakikat sholat adalah agar terhindar dari perbuatan keji dan munkar. Ketika ada seorang hamba rajin sholat namun masih berbuat mungkar maka lebih perbaiki lagi sholatnya.

Loading...

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran Surah Al-Ankabut penggalan ayat 45 berbunyi:

 

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Tags: #Rajin Solat #Sholat Wajib #Suka Maksiat