Rezeki Suami Mengalir Deras Karena Istrinya Mempunyai 5 Sifat Ini

699 views

Istri yang taat kepada Allah Ta’ala akan membuat sejuk mata dan hati sang suaminya. Istri shalehah punya timbal balik atas keberhasilan suami.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

“Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya.

Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka).

Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka.

Loading...

Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Maha Tinggi, Maha Besar.” (QS. An-Nisa : Ayat 34).

Ayat di atas menyuruh  istri menaati suami, menjaga harta suami dan memelihara kehormatanya.

Yang dimaksud taat adalah mengikuti perintah, yang tidak melawanan dengan ketentuan agama .

Ketaatan dan keshalehaan istri dapat mendorong kelancaran dan kesuksesan suami.

Suami istri yang taat kepada Allah akan mendatangkan keberkahan dan kemudahan rezeki.

Inilah beberapa sifat atau peran istri dan doanya yang dapat membuat rezeki suami mengalir deras, antara lain:

1. Tawakkal Kepada Allah.
Hamba yang bertawakal kepada Allah, Allah akan mencukupi rezekinya.

Seperti disebutkan dalam firman Allah :

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.

Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.(QS. Ath Thalaq: 3).

2. Suka Bersedekah

Istri yang dermawan dan suka bersedekah sebenarnya ia melipatgandakan rezeki suaminya.

Dalam surat Al Baqarah, dijelaskan bahwa orang yang bersedekah akan dilipatgandakan Allah hingga 700 kali lipat, bahkan lebih.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.

Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(QS. Al Baqarah: 261).

3. Taat Pada Suaminya
Istri wajib menaatinya selama  tidak mendurhakai Allah dan Rasul-Nya.

Jika istri taat pada suaminya, hati suaminya pun tenang dan damai. Jika hatinya damai, semangat kerjanya pun menggebu. Ibadah juga lebih tenang, rezeki mengalir lancar.

4. Selalu Mendoakan Suaminya
Isitri yang selalu mendoakan suaminya agar mendapatkan limpahan rezeki dari Allah. Istri yang berdoa Allah akan mengabulkannya.

Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan” (QS. Ghafir: 60).

5. Pandai Bersyukur
Istri yang pandai bersyukur atas segala karunia Allah pada hakikatnya dia sedang mengundang tambahan nikmat dan rejeki bagi suaminya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاِ ذْ تَاَ ذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَاَ زِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَا بِيْ لَشَدِيْدٌ

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya adzabku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

loading...
loading...

Tags: #Istri Solehah #Sifat Istri #Sifat Suami