Rumah Adalah Tempat Terbaik Baik Wanita Muslimah

2796 views

Sedih ketika melihat ada seorang suami yang menyuruh agar istrinya tetap berada di rumah untuk mengurusi segala keperluan rumah tangga, mengurus anak dan suami.

Tetapi lama kelamaan sang istri yang menjalani profesinya sebagai ibu rumah tangga itu berontak karena merasa tidak bebas, merasa kurang bergaul, dan penat berada di dalam rumah sehingga memutuskan untuk mencari asisten rumah tangga dan ia ikut bekerja sebagai wanita karir.

Sahabat muslimah, adakah kebanggaan yang lebih membanggakan di hadapan Allah selain derajatnya seorang wanita sholehah?

Islam telah mengajarkan kepada kita tentang bagaimana Allah memuliakan wanita. Wanita sholehah itu merupakan perhiasan yang amat berharga.

Harus terjaga dari pandangan yang bukan pemiliknya dan tidak sembarangan menyentuhnya. Rasulullah saw. bersabda:

Wanita adalah aurat. Apabila ia keluar, syaitan akan menghiasinya (dari pandangan laki-laki)“. (HR. At-Tirmidzi)

Loading...

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa wanita akan jauh lebih baik jika selalu berada di dalam rumahnya. Karena itulah tempat sebaik-baiknya bagi wanita.

Rumah Itulah Tempatnya Wanita Muslimah
Perintah untuk berdiam di dalam rumah adalah perintah langsung dari Allah SWT. sebagaimana telah termaktub dalam surat Al-Ahzab ayat 33:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu …

Larangan Allah ditujukan kepada wanita agar tetap berada di rumah, kecuali ada kebutuhan dan keperluan yang mengharuskan keluar dari rumah.

Barangsiapa yang menjaga kehormatan dirinya, maka Allah akan jaga dirinya dan barangsiapa yang merasa cukup, maka Allah akan memberikan kecukupan kepada dirinya“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sebaik-baik masjid bagi para wanita adalah diam di rumah-rumah mereka“.  (HR. Ahmad)

Meskipun berada di rumah, bukan berarti sulit untuk beribadah. Tidak ada keharusan wanita sholat di Masjid, maka rumah itulah tempat terbaiknya untuk beribadah.

Seorang wanita merupakan godaan terdahsyat di dunia ini, sehingga banyak terjadi kerusakan di dunia disebabkan oleh wanita. Rasulullah saw. bersabda yang artinya:

Waspadalah dengan dunia, begitu pula dengan godaan wanita. Karena cobaan yang menimpa Bani Israil pertama kalinya adalah karena sebab godaan wanita“. (HR. Muslim)

Bagaimana Cara Wanita Muslimah Keluar Rumah Sesuai Dengan Ajaran Islam?
Allah SWT. berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu …” (QS. Al-Ahzab: 59)

Keluarlah dengan berbusana yang rapi, menutupi aurat, tidak berhias secara berlebihan, merendahkan suara, menjaga untuk tidak berduaan dan bersentuhan dengan orang yang bukan mahramnya, jauhi ikhtilath dan berjalanlah dengan sopan.

Sering kita lihat sahabat-sahabat kita yang bergerombolan pergi ke suatu tempat, penuh tawa dan canda yang mengundang orang-orang disekitar untuk memperhatikannya.

Rasa malu sudah terkikis, karena sudah terbiasa dan tidak menghiraukan perintah Allah dan Rasul-Nya.

Sahabat muslimah, tidak ada salahnya wanita keluar rumah bersama keluarganya, sahabat-sahabatnya, sudara-sudara bahkan sendirian atas dasar memenuhi kebutuhan penting.

Namun, jangan berlama-lama dan kendalikan diri serta tanamkan rasa malu yang tinggi. Semakin tinggi rasa malu seorang wanita, maka ia akan semakin berharga. Karena sifat malu adalah bagian dari iman.

Sumber: catatanmoeslimah.com

Tags: #Diam di Rumah #Muslimah Taat #Tempat Tinggal