Saat Dikaruniai Anak, Sunnah Bagi Suami Melakukan 5 Hal Ini

142 views

Setelah pernikahan hal yang paling dinanti adalah buah hati. Kedatangan seorang anak memiliki kebahagiaan tersendiri bagi pasangan suami-istri.

Di dalam agama Islam sangat jelas mengatur secara detail tentang seorang anak, khususnya sikap orang tua terhadap kehadiran anaknya.

Menurut Sholeh Darat 5 hal yang harus dilakukan seorang suami ketika dia dikaruniai seorang anak, berikut ini selengkapnya:

1. Mensyukuri Kehadiran Anak
Orang tua khususnya ayah tidak boleh membandingkan antara anak laki-laki dan anak perempuan. Sebagai pemimpin rumah tangga harus meperlakukan setara kepada anaknya.

2. Mengadzani Telinga Sebelan Kanan dan Iqamah Sebelah Kiri
Suami harus menyambut kedatangan buah hati dengan mengumandangkan adzan di telinga anaknya yang baru lahir di sebelah kanan dan memperdengarkan iqamah di telinga sebelah kiri.

Selain itu, kiai Sholeh Darat menganjurkan kepada suami untuk membaca surat al-Qadr sebanyak 7 kali setelah mengumandangkan adzan.

Loading...

3. Memberi Nama yang Baik
Orang tua dianjurkan untuk memberi nama baik bagi anaknya. Di dalam Islam, nama-nama yang dianggap baik biasanya terdapat nama Muhammad, Ahmad, Abdullah, Abdur Rahman.

Sementara bagi anak perempuan dianjurkan untuk memberi nama yang ada kata Fatimah, Zainab, Asiyah, Halimah, Maimunah, Maryam, Khadijah.

4. Memberikan Aqiqah
Suami jangan lupa untuk memberi aqiqoh kepada anaknya. Jika laki-laki maka aqiqahnya dua ekor kambing, jika perempuan cukup satu ekor kambing saja.

Batas pemberian aqiqoh ini mulai dari anak umur 7 hari hingga sang anak baligh.

5. Memberi Bayinya Kurma
Memberi kurma kepada bayi yang baru lahir bertujuan untuk meneladani Nabi Muhammad agar bisa mendapat keberkahan. Tradisi ini untuk meneruskan kesunnahan Nabi. [bincangsyariah.com]

Tags: #Adab Ayah #ADab Bapak #Punya Anak