Sedekah Ekstrim Maka Balasannya Juga Demikian Dari Allah SWT

260 views

Istilah sedekah ekstrim yaitu bersedekah dengan menggunkan harta yang paling baik yang kita miliki.

Bersedekah  ekstrim akan dibalas dengan balasan ekstrim juga. Allah mnerangkan hali itu dalam Al Qur’an dengan balasan berlipat-lipat.

Fadhilah bersedekah akan dimudahkan urusan  rezeki serta kemudahan hidup bagi orang yang melakukannya.

Allah Ta’ala berfirman:

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji.

Loading...

Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (QS Al Baqarah : 261)

Dalam ayat di atas kita semua dihimbau agar bersedekah dengan harta terbaik.  Allah juga menjelaskan hitungan matematis jika mentasorrupkan harta dengan sedekah.

Dalam hitungan matematis bersedekah akan dibalas sampai 700 kali lipat, dan  Allah memberikan penekanan bahwa sedekah akan dibalas bagi orang yang dikehendakinya.

Jika bersedekah dengan ekstrim maka balasan yang akan diberikan Allah juga akan ektrim dan terbaik dari Allah.

Terkadang balasan yang diberikan Allah dengan hal yang tak disangka dan tak masuk akal.

Orang yang sedekah secara ekstrem dengan keyakinan  berapa pun harta yang dikeluarkan pasti akan dibalas langsung oleh Allah, sesuai dengan janji Allah di Al Qur’an; yaitu kelipatan 10 sampai ratusan kali lipat.

Allah Ta’ala juga menegaskan perihal sedekah terbaik:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian darihasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu.

Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji,” (QS Al Baqarah; 267).

Ayat di atas mempunyai hubungan erat dengan sedekah ekstrem yakni mengelurkan harta terbaik dari hasil usaha kita.

Kendati demikian, Allah juga berjanji  akan memelihara  dari segala bentuk kekhawatiran dan kesedihan dengan sebab bersedekah.

Tags: #Balasan Sedekah #Lipat Ganda #Sedekah Ekstrim