Sedekah Jariyah dan Keistimewaannya

138 views

Ada yang bertanya apakah sedekah itu sama dengan zakat? mungkin masih banyak yang belum mengerti perbedaan antara sedekah dan zakat itu sendiri sehingga timbulah pertanyaan yang seperti ini.

Padahal keduanya sangatlah beda, meski sama-sama memberi rezeki kita pada orang yang lebih membutuhkan namun antara sedekah dan zakat itu sangatlah berbeda.

Sedekah itu adalah pemberian kita kepada orang lain secara suka rela, secara ikhlas tanpa harus dibatasi oleh waktu kapan dan jumlahnya.

Sedangkan zakat adalah harta yang dikeluarkan seorang muslim dan diberikan kepada yang berhak, juga ditentukan waktu pelaksanannya dan jumlahnya. Baik itu zakat fitrah atau zakat mal.

Keduanya jelas berbeda sehingga keutaman pun berbeda. Dalam hal ini sedekah pun masih terbagi yang mana ada yang disebut dengan amal jariyah yang artinya ketika kita melakukan sedekah ini maka amal yang kita dapatkan tidak akan pernah terputus, meskipun seandainya kita sudah meningal.

1. Bersedekah Untuk Pembangunan Masjid
Pahala yang tidak akan pernah terputus adalah harta yang kita sumbangkan pada masjid.

Loading...

Sehingga selama masjid tersebut digunakan untuk beribadah kepeada Allah maka kita akan mendapatkan pahala orang yang melaksanakan shalat di masjid tersebut.

2. Sedekah Untuk Membiyai Pesantren atau Yatim Piatu
Bagi orang yang menyumbangkan hartanya bagi anak yatim dan pesantren maka akan mendapatkan pahala yang mengalir juga.

Maka tidak hanya menyedekahkan harta untuk menyumbang pembangunan masjid saja yang akan mendapatkan pahala yang tidak terputus. Selama anak yatim tersebut beribadah kepada Allah.

3. Doa Anak Shaleh
Doa anak yang shaleh akan tetap mengalir sampai kapan pun selama anak tersebut mendoakan orang tuanya. Jika tidak memiliki anak maka kita bisa bersedekah kepada anak yatim piatu.

4. Ilmu yang Bermanfaat
Ketahuilah bahwa sedekah itu bukan hanya berupa materi, jika kita tidak memiliki uang kita masih bisa bersedekah dengan ilmu yang kita miliki.

Karena selama orang yang kita ajari mengamalkan ilmunya bahkan jika sampai mengajarkan kepada orang lain maka pahalanya tidak akan pernah terputus kepada kita yang mengajarkan pertamakali.

Walau sebenarnya masih banyak sedekah jariyah, akan tetapi sebaik-baiknya sedekah adalah sesuatu yang dilakukan ketika kamu kaya dan miskin.

أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ ، تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى ، وَلاَ تُمْهِلُ حَتَّى إِذَا بَلَغَتِ الْحُلْقُومَ قُلْتَ : لِفُلاَنٍ كَذَا ، وَلِفُلاَنٍ كَذَا ، وَقَدْ كَانَ لِفُلاَنٍ

“Engkau bersedekah dalam kondisi sehat dan berat mengeluarkannya, dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. Maka janganlah kamu tunda, sehingga ruh sampai di tenggorokan, ketika itu kamu mengatakan, “Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian, dan untuk fulan sekian.” Padahal telah menjadi milik si fulan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Sedekah

1. Sedekah Menjadi Penghapus Dosa
Hidup kita diibaratkan dengan kertas yang sangat putih, ketika kita melakukan dosa maka kertas tersebut memiliki titik hitan dan kertas tersebut menjadi kotor. Cara menghapusnya adalah dengan melaksanakan shalat dan beramal atau bersedekah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

2. Dengan Bersedekah, Harta Akan Menjadi Semakin Berkah
Ketahuilah bahwa setiap harta benda yang kita miliki terdapat hak orang lain didalamnya. Untuk memberishkan harta benda tersebut dengan cara memperbanyak sedekah. Juga tak ada istilah jika bersedekah itu akan jatuh miskin sebab matematikanya sedekah tidaklah berkurang jutru malah bertambah. Contoh dari sedekah adalah 10-7 = 70 tau bahkan 700, 7000 dst. Karena sebenarnya harta yang kita sedehkan itu sebenarnya tidak menghilang melainkan bertambah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ما نقصت صدقة من مال وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

3. Bagi Orang yang Bersedekah Akan Disediakan Surga
Allah akan memberikan keutamaan yang sangat besar kepada kita yang rajin bersedekah. Tak peduli dalam keadan susah dan senang, yang mana keutamaan tersebut kita bisa memasuki pintu surga melalui pintu yang khusus untuk bersedekah.

من أنفق زوجين في سبيل الله، نودي في الجنة يا عبد الله، هذا خير: فمن كان من أهل الصلاة دُعي من باب الصلاة، ومن كان من أهل الجهاد دُعي من باب الجهاد، ومن كان من أهل الصدقة دُعي من باب الصدقة

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu salat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

Dan masih banyak keutamaan dari sedekah tersebut sebab kita tidak bisa menghitungnya, hanya Allah lah yang bisa memberikan langsung memberikan kepada hamba yang rajin bersedekah.

Maka, jangan pernah ragu untuk bersedekah karena dengan bersedkah kita tidak akan menjadi orang yang miskin. Sebab masih banyak dari mereka yang tetap bersedekah meski dirinya tidak mampu. [lazismupiyungan.org]

Tags: #Keistimewaan Sedekah #Keutamaan Sedekah #Sedekah Membuat Berkah