Segala Perbuatan Nabi SAW Adalah Wahyu Dari Allah. Ini Dalilnya

107 views

Perbuatan  sunnah yang dikerjakan Rasulullah SAW adalah bagian wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada beliau.

Ada bebera dalil yang merupakan bukti bahwa sunnah yang dikerjakan Nabi juga wahyu Allah SWT walau tidak melalui malaikat malaikat Jibril.

Pertama, Surat An Najm ayat 3-4

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ.إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ

“Dan tidaklah yang diucapkannya itu (Alquran ) menurut keinginannya. Tidak lain (Alquran itu) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).”

Dalil di atas memberikan gambaran kalau sunnah merupakan wahyu Allah dan semua sempurna mengenai apa saja yang  diungkapkan tentang Allah SWT.

Loading...

Dan apa yang disampaikan bukan berasal dari hawa  nafsu, melainkan dari wahyu Allah.

Kedua, Surat Al Anam ayat 50

قُلْ لَا أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللَّهِ وَلَا أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَا أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ ۚ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الْأَعْمَىٰ وَالْبَصِيرُ ۚ أَفَلَا تَتَفَكَّرُونَ

“Katakanlah (Muhammad), “Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat.

Aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku.”

Katakanlah, “Apakah sama antara orang yang buta dengan orang yang melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(nya)?”

Dari ayat di atas dapat ditunjukkan kalau Rasulullah hanya mengikuti wahyu dan dibatasi aturan Allah.

Rasul selalu mengikuti apa yang diwahyukan oleh Allah kepada beliau.

Ketiga, Surat An Nisa ayat 113

وَلَوْلَا فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ وَرَحْمَتُهُ لَهَمَّتْ طَائِفَةٌ مِنْهُمْ أَنْ يُضِلُّوكَ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ ۖ وَمَا يَضُرُّونَكَ مِنْ شَيْءٍ ۚ وَأَنْزَلَ اللَّهُ عَلَيْكَ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَكَ مَا لَمْ تَكُنْ تَعْلَمُ ۚ وَكَانَ فَضْلُ اللَّهِ عَلَيْكَ عَظِيمًا

“Dan kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu (Muhammad), tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu.

Tetapi mereka hanya menyesatkan dirinya sendiri, dan tidak membahayakanmu sedikit pun.

Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab (Alquran ) dan Hikmah (Sunnah) kepadamu dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum engkau ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu itu sangat besar.”

Keempat, Surat Al Imran ayat 164

لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

“Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya,

menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Alquran ) dan hikmah (sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.”

Rasulullah mendapatkan wahyu berupa Alquran dan sunnah bukti dari dua ayat di atas ini.

loading...
loading...

Tags: #Bukan Nafsu #Perbuatan Nabi #Wahyu Allah