Selisih Besarnya Pahala Orang yang Membaca dan Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an

161 views

Setiap satu huruf  membaca al-Qur’an akn mendapatkan sepuluh kebaikan bagaimana jika membaca sampai satu surat?

Begitu juga dengan mendengarkan baca ayat  suci al-Qur’an. Lantas lebih besar mana membaca dan mendengarkan bacaan ayat-ayat suci kitab umat islam itu?

Dikutip dari karya

Abu Ya’la Kurnaedi dalam buku buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i mengatakan bahwa adapun pahala yang akan didapatkan yang dikatanan oleh Abdullah bin Mas’ud adalah:

“Aku mendengar Nabi bersabda: ‘Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah maka dia mendapatkan satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala.

Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf'”.

Loading...

Hadits riwayat Imam at-Tirmidzi itu menunjukkan kalau pahala itu khusus bagi orang yang membaca Alquran bukan orang yang mendengarkannya.

Jika pahala bagi orang yang mendengarkan lantunan bacaan ayat suci Alquran, hanya Allah yang mengetahui berapa kepastiannya.

Dan khusus kepada orang yang menyimak bacaan Alquran dan mengamalkan isinya, semoga memperoleh kebaikan yang banyak (Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah wal Ifta).

Sementara itu, membaca Alquran memiliki sejumlah keutamaan, salah satunya yakni perniagaan yang tidak pernah merugi

اِنَّ الَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ كِتٰبَ اللّٰهِ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً يَّرْجُوْنَ تِجَارَةً لَّنْ تَبُوْرَ

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan salat dan menginfakkan

sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi,” (QS. Fatir: 29)

loading...
loading...

Tags: #Ayat Suci #Mendengarkan Ngaji #Mengaji Al-Qur'an #Pahala Ngaji