Seperti Ini Kedekatan Hubungan Antara Doa dan Dzikir

139 views

Doa dan dzikir merupakan dua perkara yang tak sama satu sama lain. Namun keduanya punya kedekatan yang sangat dekat dan erat sekali.

Dari saking dekatnya hubungan di antara keduanya, para ulama memasukkannya dalam satu pembahasan.

Doa perkara memohon kepada Allah agar diberikan apa yang diinginkannya. Dan Dzikir adalah kumpulan kata yang diajarkan Rasulullah untuk mengingat Allah.

Dalam kitabnya berjudul Aurad adz-Dzakirinallaha Katsira Wadz-Dzakirat Syaikh Muhammad Said bin Muhammad Hasan al-Bukhari  memaparkan Al-Qur’an dan hadits telah menjelaskan jumlah bilangan dan keutamaan dzikir.

Kalimat doa bisa disesuaikan dengan permohonannya, baik kalimatnya maupun bahasanya.

Menurtu dai lulusan Darul Hadits Al-Ghomidy, Awaly, Makkah Al-Mukarromah dan Ma’had Harom Al-Makki, Makkah Al-Mukarromah ini menjelaskan kalau ada dasarnya doa dan dzikir punya hubungan yang dekat.

Loading...

Berdoa  menunjukkan aktifitas yang sudah termasuk dari dirinya dzikir karena makna umum dzikir adalah mengingat Allah.

Dzikir juga termasuk rangkaian adab sebelum berdoa sebbab itu berisi pujian pada Allah.

Dan berdzikir  juga sebagi  menjadi wasilah dalam berdoa dan setelah itu panjatkan semua doa kita kepada Allah dengan sungguh-sungguh.

Menurut Syaikh Muhammad Shalih al-Munajjid ada kalanya seseorang tidak perlu menyebutkan permohonannya kepada Allah.

Disebabkan dengan memahami keutamaan dzikir secara tidak langsung sudsah merupakan permohonan kepada Allah dengan cara yang lebih elegan.

Jadi doa dan dzikir bisa kita kolaborasi dengan mesra agar lebih halus dan indah kalimat yang kita mohonkan kepada Allah SWT.

Tags: #Doa Dzikir #Hubugan Doa #Hubungan Dzikir