Seperti Ini Pernikahan yang Penuh Berkah

385 views

Menurut Imam Gazali, Berkah adalah semakin bertambah kebaikan. Sedangkan menurut Imam Nahrawi dalam Syarah Shahih Muslim menyatakan bahwa berkah memiliki 2 arti yakni:

  1. Tumbuh berkembang atau bertambah
  2. Kebaikan yang berkesinambungan, yang terpenting kebaikan yang banyak dan abadi.

Tujuan dari menikah adalah berkah, bahkan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada orang yang menghadiri undangan adalah berkah dalam kehidupan rumah tangga.

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair”. Sebait doa indah yang dihantarkan. “Semoga Allah memberkahi kamu dan mudah-mudahan mengekalkan berkah atasmu serta menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami ulas cir-ciri pernikahan yang penuh berkah antara lain, adalah:

1. Keimanannya Semakin Bertambah Ketika Menikah
Ketika sudah menikah seseorang akan mendapatkan pahala yang berbeda dari ia yang masih sendiri dulu.

Menikah itu ibadah maka tentu ibadah lainnya jika dikerjakan juga akan memiliki nilai tambah.

Loading...

Seseorang yang sudah menikah diharapkan untuk lebih khusyuk dan tenang karena pikirannya sudah tidak bercabang-cabang oleh pikiran dan godaan hawa nafsu, tertib karena selalu ada yang mengingatkan serta jiwanya lebih tenang dan tentram.

Saling menasehati akan membawa kebaikan jika diterapkan dengan sebaik-baiknya. Ketika suami malas sang istri mengingatkan dengan penuh kelembutan.

Jika sang istri tidak semangat dalam beribadah maka suami pun bisa menyemangatinya untuk bangkit kembali.

2. Bertambahnya Potensi Amal Kebaikan Pasangan
Doa diatas itu ditujukan pada 3 kebaikan. Berkah untuk suami, berkah untuk istri serta berkah dari bersamanya suami-istri.

Perniakhan yang berkah akan membawa seorang istri akan semakin shalihah, suami akan menjadi shalih karena saling bahu-membahu demi kebaikan yang lebih besar.

Walau tidak selalu diukur dalam jumlah yang banyak terutama ketika sudah punya anak namun dengan mengoptimalkan kemampuan yang sudah Allah berikan maka akan menjadi kunci bertambahnya amal kebaikan.

3. Rejeki Bermnafaat Bertambah Dalam Keluarga
rejeki bukan hanya tentang uang yang melimpah ruang akan tetapi bagaimana cara kita menerima rejeki tersebut kita olah dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Karena Allah menjamin bahwa orang yang menikah itu akan dicukupkan.

Dan bandingan ketika masih jomblo dulu pas-pasan namun ketika sudah menikah mampu menyekolahkan anak-anaknya dan mencukupi keluarganya.

4. Langgengnya Kebahagiaan Keluarga
Didalam pernikahan pasti akan ada yang namanya percekcokan, namun setiap pernikahan pasti diharapkan akan mendapatkan keluarga sakinah mawaddah dan warahmah.

Walau keberkahan bukan selalu tentang materi namun juga berbentuk kesehatan, anak-anak tumbuh dengan baik, ceria dan bahagia walau memiliki rumah yang tak seberapa.

5. Keturunan Shalih dan Bermanfaat untuk Umat
Berkah keluarga islami adalah memiliki anak-anak yang shalih shalehah sehingga kelak akan menjadi generasi idaman umat.

Ia tidak hanya menjadi penyejuk orang tunya namun juga lingkungan masyarakat.

Demikianlah beberapa ciri-ciri pernikahan yang penuh berkah. Walau didalam pernikahan memiliki kekurangn namun tetaplah berdoa demi kebaikan keluarga. [ummi-online.com]

Tags: #Keluarga yang Berkah #Pernikahan Berkah