Seperti Ini Sikap Orang Munafik Sejati Ketika Berinteraksi Dengan Sesama

Sudah kita ketahui bersama bahwa Allah membenci orang munafik. Sifat yang juga tidak disukai oleh manusia. Maka dari itu kita menjahui  sifat munafik yang menyebabkan kita masuk  di neraka.

Dan yang jelas kita tidak mau masuk neraka-Nya? Jika demikian jauhilah sifat yang sangat dibenci Allah ini.

Sifat orang munafik dapat  ketahui ciri-cirinya, seperti dalam haditsnya, Rasulullah Saw bersabda,

Dari Abdullah bin Amr RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa tertanam dalam dirinya empat hal,

maka ia benar-benar seorang munafik sejati, dan barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal,

maka dalam dirinya tertanam satu kemunafikan sehingga ia meninggalkannya, (yaitu) (1) Apabila berbicara ia berdusta (2) Apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati (3) Apabila berjanji ia mengingkari (4) Apabila berdebat ia tidak jujur.’

Loading...

Namun di dalam hadits Sufyan disebutkan, ‘Barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu dari empat hal ini maka di dalam dirinya terdapat salah satu ciri kemunafikan. ‘”(HR. Muslim)

Sangat jelas Rasulullah menyebutkan tentang ciri-ciri orang munafik sejati, yaitu Jika berkata berdusta, jika diberi amanah mengkhianati, jika berjanji mengingkari, dan jika berdebat ia tidaklah jujur.

Ciri-ciri orang munafik yang dijelaskan di atas, wajib kita jauhi. Sebab bisa jadi selama ini dalam diri kita terdapat sifat munafik tersebut. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat munafik sejati.

Tags: #Orang Munafik #Penghiatan Nikmat #Sifat Munafik