Seperti Ini Suasana Saat Jenazah Nabi Muhammad Dimandikan

168 views

Semua yang bernyata pasti akan mati. Bagitu juga para nabi dan rosul pasti akan kembali pada Allah. Nabi Muhammadpun juga Demikian.

Dari Aisyah ra, ia berkata, “ Saat orang-orang hendak memandikan jenazah Nabi, mereka berkata,

‘Demi Allah, kami tidak tahu apakah kami melepaskan pakaian Rasulullah seperti mayit-mayit sebelumnya, ataukah kita mandikan beliau dengan pakaian tetap menempel di tubuh beliau?’

Ketika pendapat mereka berselisih, maka Allah membuat mereka menjadi ngantuk, sampai akhirnya dagu mereka semua menempel di dada.

Dan Setelah itu ada seseorang yang berbicara di sisi rumah tanpa diketahui siapa dia, ‘Mandikan Nabi dengan pakaian tetap menempel di tubuhnya.”

Lantas Mereka mendekati jenazah Nabi dan  memandikannya seraya pakaian tetap menempel di tubuh beliau.

Loading...

Mereka menuangkan air di gamis beliau, sambil menekan-nekan tanpa menyentuh kulit beliau.

Aisyah berkata, “Andai aku mengetahui sejak dulu dan bukan baru-baru ini. Tentu tidak ada yang memandikan jenazah beliau selain istri-istri beliau.”

Dan Nabi dikafani dengan tiga helai kain putih buatan Sahul.

Para Ahlul ilmi sepakat bahwa Nabi Wafat dalam usia 63 tahun. Selama 40 tahun beliau habiskan sebelum kenabian, 13 tahun di Makkah bersama turunnya kenabian, dan 10 tahun di Madinah setelah hijrah.

Dan Nabi Muhammad wafat wafat pada bulan Rabi’ul Awal tahun 11 Hijriah dengan tidak meninggalkan satu pun dinar, dirham, budak lelaki, budak permpuan, atau apapun.

Selain bighal putih yang merupakan tungganggan Nabi, pedang dan sebidang tanah yang beliau berikan pada ibnu sabil sebagai sedekah dari manusia paling sempurna.

Tags: #nabi Dimandikan #Nabi Wafat