Seperti Inilah Bergurau yang Dibenci Nabi SAW

179 views

Ketika kita ngumpuk dengan teman-teman mungkin kita pernah melempar mainan ular, dengan tujuan agar dia kaget.

Dan ketika kita melihat ekspresi rasa takut dari wajahnya maka kita kan mentertawakannya.

Jika kita pernah melakukan itu semua maka jangan kita ulanginya lagi sebab Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda,

لاَ يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يُرَوِّعَ مُسْلِمًا

“Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Daud no. 5004 dan Ahmad 5: 362. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Bercanda yang juga termasuk dalam katagori di atas adalah bercanda yang  membuat orang khawatir seperti ngumpetin sendal, handphone, tas, jam tangan, kunci, buku, ballpoin dan lain-lain.

Loading...

Rasulullah bersabda: “Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.”(HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Jadi jangn kit sampai keterlaluan jika kita bergurau dengan orang-orang seperti yang disampaikan di atas karena hal itu sangat dilarang oleh Nabi.

Mungkin juga yang termasuk dalam perkara di atas dan lumrah di gandrungi pada zaman sekarng ini adalah prank.

Tak sedikit orang melakukan itu secara berlebihan bahkan sampai menjadi salah satu konten agar banyak peminat yang penggemarnya.

Jadi, denan tujuan apapun jika bercanda berlebihan seperti yang dijelaskan di atas maka kita harus menjahuinya agar tidak menentang apa yang telah disampaikan oleh nabi SAW.

loading...
loading...

Tags: #Bergurau Dengan Teman #Canda Tawa #Cara bercanda