Setelah Berhubungan Intim Bolehkah Makan dan Minum? Ini Penjelasannya

546 views

Ketika pasangan suami-istri merasa lapar setelah berhubungan badan apakah diperbolehkan untuk makan sedangkan ia belum mandi junub?

Bolehkah langsung makan, bagaimana hukumnya?

Dilansir dari islamidia.com, Inilah tuntunan Rasulullah SAW, Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan:

إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهْوَ جُنُبٌ ، غَسَلَ فَرْجَهُ ، وَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur dalam kondisi junub, beliau membasuh kemaluannya kemudian berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat” (HR. Bukhari)

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْكُلَ وَهُوَ جُنُبٌ غَسَلَ يَدَيْهِ

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak makan dalam kondisi junub, beliau mencuci tangannya” (HR. Ibnu Majah; shahih)

Diriwayatkan oleh Imam Malik dari kebiasaan Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu, beliau adalah sahabat yang selalu mengikuti sunnah Rasulullah:

Loading...
كَانَ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ أَوْ يَطْعَمَ وَهُوَ جُنُبٌ غَسَلَ وَجْهَهُ وَيَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ ثُمَّ طَعِمَ أَوْ نَامَ

“Apabila hendak tidur atau makan sedangkan ia dalam kondisi junub, ia membasuh wajah dan tangannya hingga ke siku, mengusap” (HR. Malik dalam Al Muwatha’)

Syaikh Abu Abdurrahman Sayyid bin Abdirrahman Ash Shubaihi dalam Risalah ilal ‘Arusain menjelaskan bahwa disunnahkan untuk berwhudu terlebih dahulu.

Adapaun hadis yang menerangkan makan sebelum mandi junub maka hendkanya mencuci tangan terlebih dahulu, lebih lengkapnya adalah dua hadist yang sama-sama shahih tersebut digabungkan, yakni berwudhu’ dan cuci tangan sebelum makan. [wajibbaca.com]

Tags: #Makan Setelah Jimak #Setelah Berhubungan