Shalat Dengan Posisi Tidur Karena Sakit, Wajibkah Menghadap Kiblat?

Bagi Orang yang sakit ada rukhshah (keringanan) jika akan melaksanakan ibadah sholat. Solatnya orang yang tak bisa berdiri, boleh duduk, yang tak bisa duduk, boleh tidur.

Lantas, bagaimana hukum menghadap kiblat orang yang sakit?

Ahmad Sarwat Dalam buku Sholat Orang Sakit menjelaskan, orang sakit yang tak bisa solat berdiri atau duduk ia tetap wajib sholat menghadap kiblat.

Sebagian ulama menjelaskan tentang cara menghadap kiblat orang sakit adalah berbaring miring.

Dengan posisi kanan tubuhnya ada di bawah, dan bagian tubuh yang kiri ada di atas. Seperti mayat yang masuk ke liang lahad.

Dengan dalil menuurut ulama ini, yang dimaksud menghadap kiblat harus dada. Dada  agara bisa menghadap kiblat, maka dengan sholat posisi miring.

Loading...

Dalil lainnya berdasarkan sabda Rasulullah SAW yang memerintahkan sholat di atas lambung:

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : كَانَتْ بِي بَوَاسِيرُ ، فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الصَّلاَةِ ، فَقَالَ : صَلِّ قَائِمًا ، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا ، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ

“Kaanat bi bawasiru fasaaltu an-Nabiyya SAW áni as-shalati faqaala: Shalli qaaiman fa in lam tastathi’ faqaa’idan fa in lam tastathi’ fa’ala janbin.”

“Dari Imran bin Husain dia berkata: aku menderita wasir lalu aku bertanya kepada Rasulullah SAW.

Beliau pun bersabda: sholatlah sambil berdiri, kalau tidak bisa, maka sholatlah sambil duduk, kalau tidak bisa, maka sholatlah di atas lambungmu.”

Kemudia ada ulama lain mengatakan;  ukuran menghadap kiblat adalah kaki. Jika kakinya menghadap kiblat, maka dianggap posisi badannya sudah memenuhi syarat.

Tags: #Despensasi Solat #Orang Sakit #Solat Tidur