Status Orang yang Mengungkit Sedekah yang Telah Ia Berikan Pada Orang Lain

Tak sedikit orang suka menyebut-nyebut sedekah yang telah diberikan. Hal itu dilakukan  dengan tujuan agar pemberiannya dibalas.

Sikap dan kelakuan seperti itu sebaiknya jangan dilakukan sebab Alquran menjelaskan agar  tidak mengungkit-ungkit pemberian yang telah diberikan pada orang lain.

Akan tetapi jika bertujuan untuk mengingatkan supaya orang lain sadar, contoh pada  anak supaya  berbakti kepada orangtua dan agar  anak itu selamat dari siksaan Allah.

Jika si anak tak diingatkan dengan cara itu maka anakbisa jadi durhaka, dan berdosa besar pada orang tuanya.

Jadi, mengungkit kebenaran itu haram jika pada orang miskin yang wajib kita santuni.

Berzakat, sedekah, atau infak lakukanlah dengan ikhlas, tak ingin pamrih atau pujian dari siapa pun, namun semata-mata  mengharapkan keridhaan Allah SWT.

Loading...

Allah SWT berfirman tentang larangan menyebut-nyebut kebaikan yang telah lalu.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima),

seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah).

Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (QS Al-Baqarah: 264).

Ayat di atas memberi pelajaran  bahwa orang yang mengungkit sedekah  maka ia sendiri yang menghilangkan pahala sedekahnya.

Tags: #Keutamaan Sedekah #Mengungkit Sedekah #Sedekah Orang Miskin